Bener Meriah, Kabupaten Penghasil Kopi Gayo yang Nikmat di Aceh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 09 Jul 2018 16:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Aceh - Bupati Bener Meriah sedang tersandung kasus suap. Kabupaten di Aceh ini ternyata penghasil kopi Gayo yang nikmat.

Kabupaten Bener Meriah di Aceh tengah jadi sorotan usai ditangkapnya Bupati Ahmadi terkait kasus suap. Ahmadi kini ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena dugaan suap Rp 500 juta ke Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Baca Juga: Ditahan KPK, Bupati Bener Meriah Ahmadi Janji akan Kooperatif

Melihat sejarahnya, Kabupaten Bener Meriah merupakan hasil pemekaran Kabupaten Aceh Tengah. Ibu kotanya di Simpang Tiga Redelong dengan luas mencapai 1.919,69 kilo meter persegi. Kabupaten ini termasuk dalam dataran tinggi Gayo bersama Kabupaten Aceh Tengah dan Gayo Lues.

Bener Meriah, Kabupaten Penghasil Kopi Gayo yang Nikmat di AcehPerkebunan Kopi di Bener Meriah (Foto: Boerni_coffee_bean)

Tak heran, kopi Gayo menjadi komoditas unggulan kabupaten ini dengan peruntukkan lahan perkebunan kopi mencapai puluhan ribu hektar. Tahun ini pemerintah setempat bahkan berencana merevitalisasi kebun kopi hingga 13 hektar. Hal ini guna meningkatkan kualitas produksi kopi arabika dan robusta dari Kabupaten Bener Meriah.

Soal kopi Gayo, jenis kopi ini sudah sangat terkenal di kalangan pencinta kopi dunia. Kopi Gayo punya karakter full body dengan rasa tanah dan spicy yang khas. Tingkat keasamannya tergolong sedang.

Kualitas kopi ini sudah diakui dunia. Kopi Gayo mendapat Fair Trade Certified dari Organisasi Internasional Fair Trade pada 27 Mei 2010. International Conference on Coffee Science di Bali tahun 2010 turut menominasikan kopi Gayo sebagai kopi nomor 1 diantara kopi arabika dari tempat lain.

Kopi Gayo kabarnya masih terus diminati penikmat kopi termasuk di mancanegara. Negara tujuan terbesar ekspor kopi ini adalah Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Dikutip dari blog Kopi Gayo, di Kabupaten Bener Meriah ada dua perusahaan kopi luar negeri yang menanamkan modal. Perusahaan itu adalah Holland Coffee Bv. dari Belanda dan PT. Indocafco dari Swiss dan Amerika Serikat.

Bener Meriah, Kabupaten Penghasil Kopi Gayo yang Nikmat di AcehBiji Kopi Arabika dari Bener Meriah (Foto: Boerni_coffee_bean)

Selain perusahaan kopi luar negeri itu, di Bener Meriah juga terdapat Perusahaan Daerah Genap Mupakat. Perusahaan ini bertugas memproses biji kopi arabika sehingga memenuhi syarat untuk pangsa pasar Eropa, Amerika dan Jepang.

Kopi Gayo mudah ditemui di warung-warung kopi di daerah asalnya. Di Jakarta, banyak coffee shop juga menawarkan single origin yang nikmat dari dataran tinggi Gayo ini.

Baca Juga: Din's Cepa Kopi: Segarnya Jus Kopi Aceh Gayo Premium di Kafe yang Asri (adr/odi)