Din's Cepa Kopi: Segarnya Jus Kopi Aceh Gayo Premium di Kafe yang Asri

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 11 Mei 2018 18:30 WIB
Foto: dok.detikFood Foto: dok.detikFood
Jakarta - Kafe di timur Jakarta ini menawarkan suasana berbeda. Ada racikan kopi kekinian yang dibuat dari biji kopi lokal. Semerbak, manis dan menyegarkan!

Di dalam Komplek Pulo Gebang Permai, Cakung, ada kafe yang tawarkan suasana asri. Lokasinya tepat di seberang KitaMart. Dari depan, terlihat seperti rumah. Berpagar kecil yang hanya cukup untuk dilewati tiga orang. Papan namanya hanya tertulis di bagian atas pagar kecil ini.

Din's Cepa Kopi: Segarnya Jus Kopi Aceh Gayo Premium di Kafe yang AsriFoto: dok.detikFood
Saat masuk, ada dua tempat yang bisa jadi tempat menikmati kopi. Keduanya sengaja dibuat seperti rumah kayu. Sedangkan di bagian luar terdapat beberapa kursi kayu dan plastik yang dilengkapi dengan kanopi. Sengaja dibuat bernuansa alam dengan pepohonan yang rindang.

Rupanya kafe ini sudah ada sejak tahun 2014. Dulunya tidak ada bangunan di sini. Melainkan hanya kebun biasa. Sang pemilik mencoba untuk membuat kebun jagung dan lainnya namun gagal. Sebagai pecinta kopi, akhirnya ia membuat kedai kopi yang dinamai Din's Cepa Kopi.

Din's Cepa Kopi: Segarnya Jus Kopi Aceh Gayo Premium di Kafe yang AsriFoto: dok.detikFood
Dalam ruang makan utama, terdapat area meracik kopi yang berisi alat-alat penyeduh kopi. Tidak ada mesin kopi, hanya ada beberapa alat manual brewing dan penghalus biji kopi. Hanya saja, kafe ini punya mesin roasting biji kopi sendiri. Mesin ini dipasang di bagian kanan ruang utama. Mereka melalukan roasting biji kopi sebulan sekali.

Beragam biji kopi Indonesia dipajang dan bisa dipilih. Biji kopi yang disediakan ternyata biji kopi yang diambil langsung dari petani Indonesia. Bukan biji kopi dalam kemasan yang beredar di pasaran. Karenanya coffee shop ini juga menjual biji kopi dalam kemasan.

Ada banyak pilihan minuman di Din's Cepa Kopi. Namun yang menjadi andalannya ialah Juice Kopi (Rp 35.000) dan Pure Over V60 (Rp 20.000). Tersedia juga minuman cokelat, aneka teh hingga green tea blend.

Sedangkan makanan favorit di sini adalah Sate Maranggi dan Nasi Goreng. Untuk itu, kami memilih untuk mencoba Sate Maranggi dengan porsi 10 tusuk (Rp 40.000) dan Nasi Goreng topping kornet (Rp 17.000).

Juice Kopi diracik dari seduhan biji kopi Aceh Gayo Spesial ala Din's Cape Kopi yang sudah dibekukan. Kemudian dihaluskan dengan susu segar dan sedikit bubuk kayu manis.

Din's Cepa Kopi: Segarnya Jus Kopi Aceh Gayo Premium di Kafe yang AsriFoto: dok.detikFood
Slurp! Juice Kopinya sangat sejuk ditenggorokan. Rasanya cenderung manis legit. Aroma kayumanisnya tidak tercium kuat. Pecinta kopi susu seperti kami menyukai racikan ini.

Untuk Pure Over V60 kami memilih seduhan dari biji kopi Flores dengan hasil yang light. Berdasarkan keterangan barista, biji kopi Flores di sini sangat berkualitas. Sang barista menuangkan bubuk kopi single origin asal Flores yang disiram dengan air panas dalam kertas saring.

Hmmm.. kopi berwarna cokelat kehitaman ini punya aroma yang wangi. Saat kami menyesapnya, sensasi rasa asam langsung menyeruak masuk ke dalam tenggorokan. Walau tampilannya kurang cantik, segelas kopi hitam ini bisa cukup memuaskan..

Din's Cepa Kopi: Segarnya Jus Kopi Aceh Gayo Premium di Kafe yang AsriFoto: dok.detikFood
Sate maranggi disajikan hangat dan hanya berisi daging sapi tanpa lemak. Walau terdapat rasa manis tapi tidak ada jejak rempah yang kuat. Ada sedikit rasa ketumbar dan legit gula merah. Tekstur dagingnya juga tidak terlalu empuk. Menu ini tersaji tanpa nasi putih. Jika Anda ingin nasi, ada paket lima tusuk sate maranggi dan satu porsi nasi dengan harga sebesar Rp 25.000.

Din's Cepa Kopi: Segarnya Jus Kopi Aceh Gayo Premium di Kafe yang AsriFoto: dok.detikFood
Tampilan nasi goreng di sini bisa dibilang unik. Karena tersaji di dalam panci stainless stell mini. Nasinya berwarna putih kekuningan pucat. Nasi gorengnya dilengkapi telur dadar, bawang daun, dan irisan cabe rawit merah. Kemudian diberi topping kornet. Rasanya pedas dan cenderung asin.

Kami menutup santap sore kami dengan satu porsi Banana Din's (Rp 13.000). Ternyata menu ini berisi pisang berukuran satu ruas jari yang digoreng dengan tepung tipis. Kemudian diberi topping keju dan susu kental manis. Kejunya melimpah hampir menutupi seluruh bagian pisang goreng. Rasanya tentu sangat legit gurih. Pantas saja ini jadi menu favorit pengunjung kafe ini.

Nah, bagi pecinta kopi yang ada di wilayah Jakarta Timur bisa singgah ke sini. Ada banyak pilihan biji kopi lokal yang siap seduh. Anda juga bisa ngopi sambil nongkrong bareng teman dengan nuansa alam yang asri!

Din's Cepa Kopi
Komplek Pulo Gebang Permai Blok C6 No. 20
Jl. Pulo Jawa, Cakung, Jakarta Timur
Telp: 0822 1327 4013

(dwa/odi)
Menu Ke-12 : Asin Gurih Hidangan Teri dan Segarnya Es Sekoteng Untuk Buka Puasa

Menu Ke-12 : Asin Gurih Hidangan Teri dan Segarnya Es Sekoteng Untuk Buka Puasa