Kuliner Pasundan

Gurih Lembut Oncom Merah dan Hitam yang Nikmat dari Jawa Barat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 05 Jul 2018 18:23 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Kuliner Pasundan
Jakarta - Jawa Barat punya makanan khas berbahan ampas tahu dan kacang. Terdiri dari dua jenis, oncom enak dijadikan campuran nasi, pepes hingga ulukutek.

Oncom yang terkenal dari Bandung diolah dari ampas tahu yang difermentasi menggunakan jamur Neurospora sitophila. Pemakaian jamur merah ini membuat hasi akhir oncom berwarna oranye kemerahan.

Baca Juga: Ini 5 Makanan Ikonik Sunda yang Sederhana Tapi Sedap!

Gurih Lembut Oncom Merah dan Hitam yang Nikmat dari Jawa BaratFoto: iStock

Ada dua jenis oncom di pasaran yaitu oncom merah dan oncom hitam. Oncom merah lebih mudah ditemui di pasar tradisional atau supermarket. Keduanya dibedakan dari pemakaian jamur pada proses fermentasi.

Jika oncom merah memakai Neurospora sitophila, oncom hitam memakai Rhizopus oligosporus. Selain itu, oncom hitam bukan dibuat dari ampas tahu melainkan ampas kacang.

Oncom mudah diolah menjadi banyak sajian lezat. Biasanya oncom dijadikan ulukutek leunca khas Sunda. Bahannya antara lain oncom, leunca, daun kemangi dan cabe. Gurih pedasnya ulukutek leunca membuat sajian ini pas dimakan dengan nasi hangat.

Baca Juga: Sedap Mantap Ulukutek Leunca dan Oncom Plus Nasi Hangat untuk Makan Siang

Selain itu, kuliner Sunda juga mengenal pepes oncom. Untuk membuatnya, oncom dicampur bumbu halus seperti cabe, bawang dan kencur lalu dibalut daun pisang, dikukus dan terakhir dibakar.

Gurih Lembut Oncom Merah dan Hitam yang Nikmat dari Jawa BaratFoto: iStock

Ada juga olahan nasi tutug oncom khas Tasikmalaya. Sajian dengan nama lain Nasi T.O ini dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng lalu dibakar.

Nasi tutug oncom biasanya dinikmati dengan ayam goreng, bakwan jagung, lalapan dan sambal. Kalau mau mencicipnya di Jakarta, nasi tutug oncom ada di 4 tempat INI.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Pasundan