ADVERTISEMENT

New York Larang Makanan dan Minuman Hitam dari Arang Aktif, Ini Sebabnya

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 05 Jul 2018 15:56 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Tren makanan berwarna sedang populer. Namun, kota New York justru mengeluarkan larangan makanan hitam karena dianggap berbahaya untuk kesehatan.

Tren makanan hitam populer lewat Instagram sejak tahun lalu. Berbagai makanan berwarna hitam, mulai dilirik oleh banyak orang. Seperti latte hitam, burger, croissant hitam, hingga tren es krim hitam. Seperti yang diketahui sebelumnya, kebanyakan makanan hitam ini menggunakan bahan arang bubuk aktif.

Baca Juga: Croissant Hitam Pakai Bubuk Arang Kini Mengundang Kontroversi
New York Larang Makanan dan Minuman Hitam dari Arang Aktif, Ini SebabnyaFoto: Istimewa
Charcoal sendiri merupakan bubuk arang aktif dari bambu, yang kini populer jadi campuran makanan. Dilansir Daily Mail UK (04/07), kota New York punya banyak makanan hitam. Mulai dari es krim, latte, hingga pancake arang.

Namun sekarang, Departemen Kesehatan Amerika telah mengeluarkan larangan pada penggunaan dan pejualan bubuk arang aktif. Departemen kesehatan melarang peredaran bubuk arang di toko-toko, setelah petisi tentang efek samping bubuk arang aktif mulai muncul.

Arang aktif dianggap dapat mempengaruhi pengobatan medis, termasuk pengendalian kehamilan pada wanita. Sebenarnya arang telah digunakan sebagai campuran untuk detoksifikasi pasien di rumah sakit, untuk mencegah dari overdosis obat.
New York Larang Makanan dan Minuman Hitam dari Arang Aktif, Ini SebabnyaFoto: Istimewa
Bubuk berwarna hitam ini dapat menyerap dan menghisap racun dari perut. Namun, bubuk arang aktif
juga dapat menyerap obat, termasuk pil KB.

Dalam kebijakan kesehatan di kota New York, arang secara teknis selalu dilarang penggunaannya. Sehingga banyak pihak kesehatan yang mendesak restoran dan kafe, untuk berhenti menggunakan arang bubuk selama bertahun-tahun.

Namun tren makanan hitam di Instagram, justru membuat penggunaan bubuk arang dalam makanan meningkat drastis. Banyak restoran dan kafe yang melanggar aturan ini.

"Arang aktif benar-benar dapat menyerap pil KB dan obat-obatan medis dalam tubuh," ungkap petisi, yang diunggah pada Oktober tahun 2017.

"Jika Anda mengonsumsi arang aktif, setelah meminum pil KB. Kemungkinannya Anda tetap bisa hamil," lanjut keterangan petisi tersebut, yang mendapatkan 20.000 pendukung dalam waktu dua minggu.
New York Larang Makanan dan Minuman Hitam dari Arang Aktif, Ini SebabnyaFoto: Istimewa
"Jika Anda memakan es krim hitam atau makanan hitam sebulan sekali, itu tidak masalah. Untuk arang yang menyerap obat, itu karena tingkat arang yang tinggi. Sehingga kandungan di es krim tidak terlalu mengkhawatirkan," tutur dokter kandungan, Dokter Alyssa Dweck.

"Namun, jika Anda mengonsumsi es krim hitam atau makanan hitam sehari dua kali, atau bahkan setiap hari. Makan tentu itu akan bereaksi pada pil KB Anda." pungkas Dweck.

Akan tetapi pemerintah kota New York, tetap mengambil langkah yang serius untuk hal ini. Banyak kafe dan restoran, yang dipaksa untuk membuang bubuk arang yang bilainya mencapai $3.000 (Rp. 43.500.000,-).

Baca Juga: Bubuk Arang Aktif Kini Populer Sebagai Bahan Penyerap Racun Tubuh


(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT