Kalau ke Bangka Belitung, Jangan Lupa Cicip 5 Sajian Enak Ini!

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 29 Jun 2018 19:15 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bangka Belitung, daerah asal Ahok punya banyak sajian lezat dan unik. Umumnya terbuat dari ikan laut yang segar. Seperti lempah kuning hingga lakso.

Banyak seafood segar di provinsi yang dikepung laut ini. Tidak heran kalau banyak olahan lezat yang terbuat dari ikan laut. Selain menikmati pantainya yang indah, jangan lewatkan kuliner khas Bangka yang lezat ini. Selain pempek dan tekwan, lima sajian ini rasanya tak kalah lezat.

1. Lempah Kuning

Kalau ke Bangka Belitung, Jangan Lupa Cicip 5 Sajian Enak Ini!Foto: Istimewa
Foto: Instagram fafachia_
Olahan berbahan dasar ikan ini sangat populer di Bangka. Lempah kuning bahkan masuk ke dalam Cagar Budaya Nasional Tak Benda. Sajian berkuah kuning ini mirip dengan pindang khas Riau. Hanya saja rasa kuahnya asam segar karena dipadu dengan potongan buah nanas.

Lempah kuning masuk dalam sajian berbumbu minimalis. Karenanya rasa alami ikan terasa sangat kuat. Sajian ini biasa disajikan dengan daun singkong rebus plus sambal terasi atau sambal rusip.

Selain ikan laut, lempah juga bisa dibuat dari bahan lain. Seperti iga sapi hingga sayuran. Karenanya ada beberapa lempah yang bisa Anda temui di Bangka. Mulai dari lempah sayur hingga lempah kulat.

2. Kembung Betelok

Kalau ke Bangka Belitung, Jangan Lupa Cicip 5 Sajian Enak Ini!Foto: Istimewa
Ini dia olahan ikan goreng populer di Bangka. Dahulu, kembung betelok wajib tersaji di hari besar di sana. Kembung betelok artinya ikan kembung bertelur.

Sepintas, sajian ini mirip ikan kembung goreng pada umumnya. Hanya terlihat sedikit lebih 'berisi'. Bagian yang menyembul di tubuh ikan bukanlah telur ikan kembung. Melainkan daging ikan kembung.

Cara membuatnya tidaklah mudah. Anda harus mengeluarkan tulang serta daging tanpa merusak kulit ikan. Kemudian daging ikan tadi dihaluskan dengan rempah, santan serta telur dan dimasukkan kembali ke tubuh ikan kembung. Lalu digoreng hingga kering. Sehingga sajian ini rasanya gurih dan garing.

Baca juga: Resep Ikan: Kembung Betelok

3. Lakso

Kalau ke Bangka Belitung, Jangan Lupa Cicip 5 Sajian Enak Ini!Foto: Istimewa
Foto: Instagram tirta_lie
Lakso mudah ditemui di warung pinggir jalan hingga restoran. Sajian ini terbuat dari ikan laut yang segar. Walau demikian, bahan utamanya mie putih kenyal yang terbuat dari tepung beras dan sagu. Adonan tersebut kemudian dicetak dalam cetakan mirip putu mayang.

Rasa istimewa hadir ketika mie tersebut diberi kuah yang khas. Kuahnya terbuat dari santan yang dicampur bumbu serta daging ikan tenggiri. Rasa gurih santan serta aroma daging ikan tenggiri sangat menggugah selera.

4. Mie Bangka

Kalau ke Bangka Belitung, Jangan Lupa Cicip 5 Sajian Enak Ini!Foto: Istimewa
Foto: Instagram bakmibangka777aloiy
Ini dia sajin mie khas Bangka yang jadi favorit banyak orang. Bagaimana tidak, mie bangka yang mulur dilengkapi dengan daging ayam cincang, bakso hingga tahu kok!

Di Jakarta, mie Bangka umum disebut mie ayam Bangka atau bakmi Bangka. Tampilannya memang menyerupai mie ayam. Hanya saja mie Bangka punya aroma bawang putih yag kuat serta cincangan kecil daging ayam. Umumnya mie Bangka diberi bahan pelengkap berupa tauge dan sawi hijau. Sajian ini makin enak dimakan dengan kuah kaldu gurih serta tahu kok alias bakso tahu khas Bangka.

Baca juga: Resep Mi: Mie Ayam Bangka

5. Panthiau

Kalau ke Bangka Belitung, Jangan Lupa Cicip 5 Sajian Enak Ini!Foto: Istimewa
Foto: Instagram novitaying
Bisa dibilang ini kwetiau versi Bangka. Walau terlihat serupa, ternyata ada beberapa perbedaan antara kwetiau dan panthiau. Salah satunya cara penyajiannya.

Panthiau tersaji dengan kuah yang terbuat dari campuran bumbu dan daging ikan. Biasanya menggunakan ikan tenggiri, ikan tamban hingga ikan parang-parang. Sedangkan mienya terbuat dari tepung beras plus sagu atau tepung gandum. Tersedia juga pilihan panthiau kering yang sama-sama terbuat dari bumbu plus daging ikan. (dwa/odi)