Basic Cooking

Begini Trik Bikin Nasi Pulen Pakai Rice Cooker

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 29 Jun 2018 17:48 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Tak sekadar mencampur beras dan air, membuat nasi di rice cooker ada triknya. Coba perhatikan hal penting ini.

Kehadiran rice cooker sangat memudahkan dalam memasak nasi. Banyak orang sering menyamakan rice cooker dengan magic com. Padahal keduanya berbeda dalam hal panci dalam. Rice cooker memakai panci dalam tanpa lapisan anti lengket, sedangkan magic com dilengkapi lapisan bahan anti lengket.

Baca Juga: Ini Trik Membuat Nasi Pulen dengan Rice Cooker

Begini Trik Bikin Nasi Pulen Pakai <i>Rice Cooker</i>Foto: dok. detikFood

Selain itu, magic com bisa menghangatkan nasi lebih lama sampai 48 jam. Magic com juga punya banyak fitur canggih seperti mengukus, membuat cake, sampai bubur. Bahkan ada fitur memasak nasi untuk mereka yang mau nasinya lebih cepat matang.

Sebelum memasak nasi, siapkan beras pulen sesuai kebutuhan. Cuci bersih lalu tiriskan. Bagi pencinta nasi pulen bisa merendam berasnya dulu selama maksimal 1 jam.

Selanjutnya, tiriskan beras, masukkan beras ke dalam panci rice cooker dengan tinggi air satu ruas jari atau sekitar 2 cm di atas beras. Bisa juga memperhatikan petunjuk angka yang biasanya ada di panci rice cooker.

Begini Trik Bikin Nasi Pulen Pakai <i>Rice Cooker</i>Foto: dok. detikFood

Pencet tombol 'Cook' lalu tunggu nasi matang. Biasanya waktu normal memasak nasi di rice cooker sekitar 30 menit. Setelah nasi matang, aduk-aduk nasi.

Aduk hingga ke bagian bawah dan pinggirnya. Hal ini mencegah nasi berkerak dan kering permukaannya nantinya saat disimpan. Nasi pulen pun siap dihidangkan.

Baca Juga: Mau Beli Rice Cooker Baru? Coba Cek Dulu 5 Hal Penting Ini

(adr/odi)