Ini Trik Membuat Nasi Pulen dengan Rice Cooker

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 29 Des 2016 14:49 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Memasak nasi dalam rice cooker ternyata ada triknya. Ini agar nasi pulen dan tidak lengket di wadah rice cooker.

Rice cooker merupakan alat praktis untuk memasak nasi. Cukup masukkan beras dan sejumlah air ke dalamnya, nasi akan matang dalam hitungan menit.

Namun sering kali nasi yang dihasilkan belum terlalu tanak atau pulen. Teksturnya juga lengket sehingga nasi kerap menempel di bawah dan sekeliling wadah rice cooker.

Pertanyaan seputar cara memasak nasi yang tepat di rice cooker pun muncul di situs Quora. Ada satu jawaban yang mendapat suara terbanyak bahkan telah digunakan lebih dari 4.000 kali.

Ini Trik Membuat Nasi Pulen dengan <i>Rice Cooker</i>Foto: iStock

Dikutip dari Daily Mail (28/12), Cliff Chang menulis, "Sungguh, cara ini jauh lebih mudah dari metode apapun yang pernah saya coba. Ambil beras, cuci sebentar alias jangan terlalu lama. Tambahkan air hingga tingginya 2 kali dari tinggi beras yang dimasukkan."

Ia menambahkan, "Ini artinya beras ditambahkan sedikit lebih banyak air karena air akan mengisi celah-celah butiran beras. Selanjutnya nyalakan rice cooker. Nasi lezatpun akan segera matang."

Tanggapan positif dilontarkan pengguna Quora lain, Susan Shao. Ia mengikuti rekomendasi Chang dan senang dengan hasil yang didapat. Menurutnya nasi yang dihasilkan selalu sempurna.

Ini Trik Membuat Nasi Pulen dengan <i>Rice Cooker</i>Foto: iStock

Jawaban lain yang juga banyak disukai adalah milik Jireh Tan. Ia merekomendasikan trik masak nasi lezat tanpa rice cooker.

"Pertama, cuci beras lalu letakkan dalam pot atau panci. Gunakan rasio 300 ml air untuk 220 gram beras. Dengan posisi pot tidak ditutup, panaskan air hingga mendidih. Lalu didihkan kembali selama 2 menit," jelas Tan.

Tan menambahkan, "Selanjutnya tutup pot. Kurangi panas hingga serendah mungkin. Didihkan dengan api kecil selama 8 menit. Angkat pot dari api namun jangan buka tutupnya. Diamkan nasi selama 15 menit." Selanjutnya Tan mengatakan tutup pot bisa dibuka dan nasi pulen bisa dinikmati.

(adr/odi)