Basic Cooking

Mie Goreng Lebih Sehat Dengan Tambahan 4 Bahan Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 28 Jun 2018 13:47 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Basic Cooking
Jakarta - Mie goreng yang mudah dibuat bukan berarti tidak sehat. Asal dibuat dengan bahan-bahan sehat, mie goreng bisa jadi pilihan menu sehat.

Memasak mie goreng, memang tak ada yang sulit. Dengan emmilih bahan paduan yang segar dan sehat, mie goreng bisa jadi salah satu menu sehat yang enak.

Sebaiknya hindari membuat mie goreng instan karena mengandung natrium yang tinggi. Sebaiknya racik bumbu sendiri dan tambahkan dengan beberapa pelengkap sehat.

Baca juga: Mantap! 5 Sajian Mi Goreng yang Enak untuk Menu Buka Puasa

1. Racik bumbu sendiri

Mie Goreng Lebih Sehat Dengan Tambahan 4 Bahan Ini!Foto: iStock

Agar enak sekaligus sehat, sebaiknya jangan menggunakan bumbu instan. Racik bumbu dari racikan cincangan bawang merah, bawang putih, cabai, kecap manis, kecap asin, saus tiram, lada hingga garam. Semua bumbu yang sudah dicincang ini bisa ditumis hingga harum sebelum dicampurkan dengan mie. Rasanya lebih gurih alami dan aromanya lebih sedap.

2. Tambahkan protein

Mie Goreng Lebih Sehat Dengan Tambahan 4 Bahan Ini!Foto: detikFood/iStock

Jenis protein hewani yang paling mudah dan pas dicampurkan ke mie goreng adalah telur dan daging ayam. Kedua bahan ini bisa menjadi pelengkap karbohidrat. Potongan daging ayam dan telur bisa ditambahkan dalam sajian ini. Protein bisa membantu tubuh meregenerasi sel-sel dan juga jaringan tubuh. Selain itu, telur juga mengandung omega 3 dan kolin yang dapat menunjang pertumbuhan si kecil.

Seafood segar seperti udang dan cumi juga bisa jadi pilihan. Menambah asupan juga rasa gurih enak.

3. Beri sayuran

Mie Goreng Lebih Sehat Dengan Tambahan 4 Bahan Ini!Foto: iStock

Sawi hijau, brokoli, wortel dan juga kol sangat enak jadi campuran mie goreng. Semua jenis sayuran ini mengandung vitamin dan mineral serta serat yang dapat membantu lancarkan pencernaan.

4. Jenis mie

Mie Goreng Lebih Sehat Dengan Tambahan 4 Bahan Ini!Foto: Dok. detikFood

Jenis mie yang dijual di pasaran berbeda-beda. Ada mie yang dibuat dengan tepung terigu dan juga mie asal Jepang yang tinggi serat. Salah satu yang bisa menunjang kesehatan Anda adalah mi shirataki yang terbuat dari umbi konjac yang bertekstur kenyal.

Mie ini memiliki tekstur yang kenyal dan makin enak dimasak dengan campuran sayuran, telur dan juga daging sapi. Untuk membuatnya Anda bisa lihat resep tumis shirataki di sini.

Untuk mie bebas pengawet bisa dipakai jenis mie organik yg harganya agak mahal. Dijual dengan paduan sayuran seperti wortel, bayam dan bit.

Baca juga: Resep Buka Puasa : Mie Cabe Hijau (lus/odi)
FOKUS BERITA Basic Cooking