Basic Cooking

Agar Tak Gagal, Ini 5 Tips Penting Saat Membaca Resep

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 26 Jun 2018 11:58 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Basic Cooking
Jakarta - Tak pandai memasak? Buku resep bisa jadi panduan. Akan tetapi saat membaca resep masakan, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting ini, supaya berhasil.

Saat ingin membuat kue atau pun masakan, Anda perlu melihat buku resep terlebih dahulu. Ini dapat mempermudah Anda dalam memasak. Tak harus jago memasak, dengan pedoman resep Anda bisa memasak apa saja.

Dikutip dalam thekitchn, berikut ini ada 5 tips dalam membaca resep agar masakan tak gagal.

Baca juga: Lebih Praktis dan Hemat Waktu Memasak dengan Tiga Bumbu Dasar Ini

1. Baca dua kali

Meskipun tampak berlebihan, akan tetapi cara membaca resep ini dinilai paling optimal. Dalam satu resep, Anda bisa membacanya secara keseluruhan. Amati mulai dari bahan, alat hingga cara membuat. Sambil membaca Anda juga bisa membayangkan dan mencatat bahan-bahan serta alat apa yang disiapkan untuk memasak.

Agar Tak Gagal, Ini 5 Tips Penting Saat Membaca ResepFoto: iStock

2. Perhatikan waktu yang dibutuhkan

Dalam satu resep, sudah pasti ada estimasi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak. Nah, dalam waktu tersebut Anda bisa memecah menjadi "waktu persiapan", "waktu memasak" dan "waktu penyajian". Ini bisa memudahkan Anda mengatur waktu memasak sehingga tidak berlama-lama di dapur.

Agar Tak Gagal, Ini 5 Tips Penting Saat Membaca ResepFoto: iStock

3. Ikuti urutan

Untuk sebagian orang, mungkil hal ini tampak menjengkelkan. Anda harus memisahkan bahan basah dan kering sebelum mencampurkannya bersama-sama. Ikuti resep, dan sisihkan bahan-bahan yang harus dimasukkan terlebih dulu atau terakhir.

Urutan proses memasak dalam resep juga bisa menentukan rasa makanan lho. Misalnya saja cincangan bawang putih harus ditumis terlebih dahulu, kemudian disusul dengan bawang merah, bumbu dapur dan cabai.

Agar Tak Gagal, Ini 5 Tips Penting Saat Membaca ResepFoto: iStock

4. Pahami takaran dan cari tahu istilah memasak

Khusus untuk membuat kue, Anda perlu memahami resep dengan benar. Yang paling utama adalah takaran bahan dan jenis misalnya jika tidak memakai sendok ukur, Anda bisa menakarnya dengan konversi satuan gram atau ml. Sebutan 'sendok makan' dan 'sendok teh' yang dimaksud adalah sendok takar. Karenanya lebih baik jika dikonversikan dalam ml atau gram.

Selain itu, kalau ingin memasak masakan hari-hari, Anda perlu mengenali istilah memasak seperti kalis, al dente, hingga blansir.

Agar Tak Gagal, Ini 5 Tips Penting Saat Membaca ResepFoto: iStock

5. Cari bahan pengganti

Kalau ingin mengganti beberapa bahan makanan boleh-boleh saja. Misalnya Anda sedang ingin membuat resep semur ayam dan menggantinya dengan telur atau daging. Namun, jika Anda ragu sebaiknya hindari substitusi makanan. Pilihlah resep yang mudah diaplikasikan dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Sebaliknya, untuk membuat kue, berhati-hatilah melakukan penggantian bahan. Misalnya tepung bergluten tinggi dengan tepung biasa. Karena sifat bahan berbeda akan membuat hasil akhir dari kue yang beda rasa dan teksturnya.

Baca juga: Sering Gagal Memasak? Perhatikan Hal Penting Ini Saat Membaca Resep (lus/odi)
FOKUS BERITA Basic Cooking

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com