Kenyal Segar Jelly Rasa Kubis Bisa Jadi Pengganti Sayuran

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 22 Jun 2018 18:28 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kubis berbentuk jelly ini bisa jadi pelengkap makanan. Dipadu dengan okonomiyaki, gyoza hingga soba semuanya enak. Di Jepang, kubis pun jadi sayuran favorit.

Kubis berwarna hijau ini mengandung antioksidan dan membantu lancarkan pencernaan. Banyak orang yang memanfaatkan kubis menjadi tambahan pelengkap makanan karena rasanya enak dan teksturnya renyah.

Baca juga: Di Jepang Ada Wine Langka Terbuat dari Kol

Dikutip dalam Sora News 24 (22/06), Mimatsu Foods, spesialis gyoza dan spring roll. Mereka telah lama bekerjasama dengan petani lokal untuk menghadirkan makanan lezat yang diolah dari prefektur Gunma sejak tahun 1970 dan kecintaan mereka terhadap kubis lokal tidak perlu diragukan. Bahkan, tahun lalu mereka membuat "Cabbage Cider" atau "Cuka Kubis".

Kenyal Segar Jelly Rasa Kubis Bisa Jadi Pengganti SayuranFoto: Sora News 24

Berhasil dengan cuka kubis yang unik. Kali ini kubis kembali dibuat menjadi sesuatu yang baru yaitu konjac jelly dengan ekstrak kubis homemade. Konjac kentang atau konyyaku dalam bahasa Jepang mengandung gelatin alami dan sangat populer digunakan dalam berbagai hidangan.

Meskipun jadi makanan pokok dalam masakan Jepang, konjac biasanya sering dicampurkan ke dalam jus buah, tambahan smoothies atau digoreng hingga disajikan menjadi oden. Dengan banyaknya manfaat dari konjac, kemudian dibuatlah konjac rasa kubis.

Kenyal Segar Jelly Rasa Kubis Bisa Jadi Pengganti SayuranFoto: Sora News 24

Akan tetapi tak semua orang bisa menikmatinya, untuk anak kecil dan orang tua diperingatkan untuk tidak makan banyak konjac. Jika ingin mencoba, sebaiknya konjac dipotong menjadi potongan yang lebih kecil dan mengunyahnya dengan benar agar tak tersedak.

Mengandung ekstrak kubis, perusahaan ini menggunakan semua bagian kol yang tidak terpakai seperti bagian yang keras. Ekstrak kubis yang ada dalam konjac diambil dari inti dan daun terluar yaitu sekitar enam 6 ton dari kubis yang digunakan Minmatsu Foods setiap hari.

Kenyal Segar Jelly Rasa Kubis Bisa Jadi Pengganti SayuranFoto: Sora News 24

Jelly kubis ini dijual dalam kemasan tabung seharga 197 yen atau Rp 25.200. Rasa kubis sangat kuat tetapi tidak memiliki rasa manis sehingga Anda bisa mencampurkannya ke dalam smoothies atau pun salad untuk memberikan rasa sayuran.

"Secara harfiah tidak ada yang menginginkan ini," jelas salah satu netizen di internet. Akan tetapi ada juga yang berkomentar,"Kelihatannya enak! Saya penyuka sayuran."

Jika tertarik, jelly kubis ini dijual di toko souvenir Gunma Iroha di stasiun Takasaki.

Baca juga: Tambahkan Lettuce dan Kol dalam Salad Agar Lebih Kaya Manfaat (lus/odi)