Tak Cepat Bonyok! Alpukat Ini Dilapisi Bubuk Lemak Khusus

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 22 Jun 2018 09:32 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sering kali alpukat dibuang karena terlalu cepat matang hingga bonyok. Tapi varian alpukat ini berbeda karena tahan lebih lama.

Jaringan wholesale besar di Amerika, Costco baru saja memperkenalkan varian alpukat terbaru yang tahan lebih lama. Alpukat ini diproduksi Del Ray Avocado Company yang mampu membuat masa simpan alpukat dua kali lebih lama dibanding alpukat biasa.

Dikabarkan Buzz Feed (20/1), hal ini mungkin terjadi karena alpukat dilapisi bahan tambahan nabati berupa bubuk Apeel Sciences. Bubuk dibuat dari lemak dan gliserolipid yang dicampur air lalu dioleskan ke permukaan alpukat.

Tak Cepat Bonyok! Alpukat Ini Dilapisi Bubuk Lemak KhususFoto: Istimewa

Baca Juga: So Sweet! Ini Cara Paling Trendy Melamar Kekasih, Cincin Ditaruh Dalam Alpukat!

Lemak tersebut didapat dari aneka kulit, biji dan ampas aneka jenis buah dan sayur yang biasanya dibuang usai panen. Lemak ini tidak berwarna, tidak berbau dan tidak memiliki rasa.

Cara ini mampu memperlambat kehilangan air dan oksidasi pada alpukat yang pada akhirnya mencegah kebusukan. Jika dibanding alpukat biasa yang tahan 2-3 hari rak biasa atau 7-10 hari di lemari es, alpukat ini bisa bertahan 2-3 kali lebih lama.

James Rogers selaku CEO Apeel berharap alpukat ini bisa bantu mengurangi jumlah limbah makanan. Tapi perlu diingat, alpukat hanya cocok untuk mereka yang tidak mau menikmati alpukat dalam waktu dekat.

Tak Cepat Bonyok! Alpukat Ini Dilapisi Bubuk Lemak KhususFoto: Istimewa

Sebelumnya Rogers mengatakan perusahaan sudah mengetes penggunaan bubuk lemak pada buah dan sayur lain seperti strawberry, mangga, jeruk hingga sayuran hijau. Namun akhirnya alpukat yang dipilih untuk diluncurkan karena menurutnya orang-orang punya reaksi lebih mendalam saat harus membuang alpukat dibanding selada.

Harga alpukat buatan Del Rey Avocado Company adalah USD 5 (Rp 70.400) untuk kemasan isi 5 buah. Tertarik coba?

Baca Juga: Ini Alasan Sebaiknya Makan Tak Lebih dari Setengah Alpukat dalam Sehari! (adr/odi)