Slurp! Enaknya Sea Salt Caramel Latte Buatan Kopitiam Kekinian di Singapura

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 20 Jun 2018 17:30 WIB
Foto: dok. detikFood
Singapura - Kopitiam identik sebagai tempat ngopi orang tua. Tapi Coffee Break di Singapura justru jadi incaran anak muda. Apa istimewanya?

Berlokasi di lantai dua Amoy Street Food Centre, Maxwell Road, Coffee Break jadi incaran anak muda di Singapura. Di sini mereka bisa menikmati racikan kopi khas kopitiam dengan sentuhan modern.

Adalah tiga bersaudara, Jack Sai, Faye dan Anna yang menjalankan bisnis kopitiam di hawker centre ternama Singapura ini. Mereka melanjutkan usaha kopitiam milik sang kakek yang sudah ada sejak 1935 dengan nama dan lokasi berbeda.

Slurp! Enaknya <i>Sea Salt Caramel Latte</i> Buatan Kopitiam Kekinian di SingapuraFoto: dok. detikFood

Coffee Break sendiri baru dimulai tahun 1999. Kopi di sini masih diracik dengan metode tradisional yaitu disaring dengan saringan panjang yang mirip kaos kaki. Cara yang juga dipakai di Aceh. Kabarnya kopi juga di-roasting dengan gula dan margarin hingga menghasilkan rasa kopi yang alami dengan aksen gurih enak.

Coffee Break menawarkan kopi-o, teh-o dan kopi-c dari deretan menu tradisional seharga masing-masing SGD 1.6O (Rp 16.600) per cup. Yang unik dan jadi incaran adalah kopi varian rasa modern. Ada latte atau mocha yang bisa dipilih sebagai bahan dasar.

Lalu pengunjung boleh memilih tambahan rasa pistachio, wijen hitam, karamel, sbutter pecan, sea salt caramel, Irish cream hingga peppermint. Minuman ini dibanderol SGD 3.8 (Rp 39.500).

Slurp! Enaknya <i>Sea Salt Caramel Latte</i> Buatan Kopitiam Kekinian di SingapuraFoto: dok. detikFood

Sebagai teman kopi dan teh, ada roti panggang (toast) dengan pilihan rasa unik. Bukan hanya kaya yang ikonik di kopitiam, ada toast dengan rasa pistachio, earl grey creme, cinnamon sugar dan black sesame. Harganya sekitar SGD 3 - 3.5 atau Rp 31.000 sampai Rp 36.000.

Datang di pagi hari pada Januari lalu, detikFood sudah melihat antrean di gerai kopi mungil ini. Rupanya penggemar kopi sudah berdatangan sejak Coffee Break buka pukul 07.30 pagi waktu setempat.

Sistem pembelian adalah self-service dengan kemasan minuman dan makanannya praktis untuk dibawa. Beberapa pembeli adalah pegawai kantoran yang mampir hanya sekadar beli sarapan lalu melanjutkan perjalanan. Namun ada pula yang menikmati kopi dan roti panggang di area hawker centre.

Slurp! Enaknya <i>Sea Salt Caramel Latte</i> Buatan Kopitiam Kekinian di SingapuraFoto: dok. detikFood

Kami sempat mencicip Sea Salt Caramel Latte di sini. Terasa jejak karamel legit pada latte dengan sentuhan sea salt yang gurih enak. Bisa dibilang rasanya sangat unik namun bisa diterima lidah.

Ada juga es cokelat dengan paduan sirup hazelnut yang manis legit. Cocok bagi para pencinta cokelat.

Kalau mau yang klasik dan aman, kopi-c dengan paduan susu evaporasi hangat dan gula cocok jadi pilihan. Rasa pahitnya kopi terimbangi susu dan manisnya gula. Paling enak disantap bersama kaya toast.

Slurp! Enaknya <i>Sea Salt Caramel Latte</i> Buatan Kopitiam Kekinian di SingapuraFoto: dok. detikFood

Roti panggangnya dibuat dari dua tangkup roti gandum. Isiannya selai kaya dan butter yang manis gurih. Sangat nikmat disantap hangat-hangat untuk mengganjal perut di pagi hari.

Kalau Anda pencinta kopitiam sekaligus kopi kekinian, pastikan mampir ke Coffee Break saat ke Singapura. Racikan kopinya nikmat dengan beragam pilihan rasa dan harga terjangkau.

"Singapura adalah destinasi di mana kamu dapat mewujudkan impian. Kini saatnya untuk tak sekadar bersantap, dan jadilah Pecinta Makanan."

(adr/odi)