Hidangan Lebaran

Ini 6 Sayuran Favorit untuk Diolah Jadi Sayur Gurih

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 14 Jun 2018 10:03 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Sayur gurih wajib ada untuk menemani opor dan ketuat lebaran. Berbagai daerah punya jenis sayuran favorit untuk diolah jadi sayur gurih yang enak.

Beragam jenis sayuran bisa diolah menjadi sayur gurih. Di Sumatera Barat orang biasa memakai daun pakis atau paku untuk sayur gurih ketupat. Di Jawa Tengah ada rebung dan balu siam yang juga favorit sebagai isian sayur gurih.

Berikut ini beragam jenis sayuran yang enak diolah menjadi sayur gurih, mana yang Anda suka?

Baca JUga : Ini Rahasianya Bikin Sayur Gurih yang Oranye Kemerahan Cantik

Ini 5 Sayuran Favorit untuk Diolah Jadi Sayur GurihFoto: detikfood
1. Daun Pakis
Daun pakis atau daun paku merupakan sayuran yang populer di Sumtra Barat. Selain dibuat urap, pakis enak dibuat sayur gurih. Sebaiknya pilih pucuk daun pakis yang muda agar rasanya renyah empuk.

Sebagai penambah rasa gurih biasanya ditambahkan potongan ikan asin atau ikan teri jengki. Sayur gurih pakis atau gula pakis enak disantap dengan ketupat dengan lauk rendang atau kalio daging.


Ini 5 Sayuran Favorit untuk Diolah Jadi Sayur GurihFoto: detikfood


3. Pepaya Muda

Pepaya hijau atau pepaya muda juga enak dibuat sayur gurih. Umumnya orang Betawi menyukai pepaya muda karena rasanya renyah dan tidak cepat lonyot saay dimasak.

Kupas pepaya muda lalu parut kecil memanjang. Jika tak sempat merajang sendiri, di pasar banyak dijual irisan pepaya muda yang sudah siap olah. Sebelum dimasak, remas-remas dengan sedikit garam hingga lalu lalu bilas air bersih. Rasanya renyah segar.


Ini 5 Sayuran Favorit untuk Diolah Jadi Sayur GurihFoto: detikfood
3. Terubuk
Terubuk atau bunga tebu juga enak dibuat sayur gurih. Bagian dalam bung atebu ini berpori halus dan empuk sehingga bisa menyerap bumbu dan kuah sayur gurih yang enak. Umumnya dijual dalam bentuk potongan. Kupas hingga mendapatkan bagian dalam yang putih lembut. Potong-potong dan masak bersama santan dan bumbu lainnya.
Ini 5 Sayuran Favorit untuk Diolah Jadi Sayur GurihFoto: iStock

4. Rebung
Pucuk bambu yang muda juga enak dibuat sayur gurih. Karena rasanya gurih renyah dan sedikit manis. Sebaiknya pilih rebung yang muda, kalau ada jenis rebung kuning yang empuk dan juicy.

Rebus rebung dengan air berdih atau air kelapa hingga aroma pesing yang tajam hilang. Baru campurkan dengan bahan lainnya dan santan segar. Bisa diolah dengan bumbu kuning atau bumbu merah yang lebih pedas.Baca jUga : Gulai Rebung Kuning
5, Labu Siam
Labu siam paling populer dan banyak dipakai untuk campuran sayur gurih. Diiris memanjang dan dipadukan dengan bumbu dan santan segar. Setelah dikupas dan diiris panjang, taburi sedikit garam dan remas-remas agar getahnya hilang lalu bilas air bersih.

Ini 5 Sayuran Favorit untuk Diolah Jadi Sayur GurihFoto: detikfood/iStock

6. Nangka Muda
Nangka muda yang empuk juicy juga enak dibuat sayur gurih. Sebaiknya gunakan bumbu gak banyak agar bisa meresap ke dalam nangka muda. Santan segar menjadi paduan yang pas sayur gurih ini.

Baca Juga : Resep Sayur : Tumis Nangka Muda


(odi/odi)