Iga Sapi dan Ikan Codfish Jadi Menu Makan Siang Trump dan Kim

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 13 Jun 2018 09:25 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pertemuan bilateral AS dan Korut di Singapura juga diisi agenda makan siang. Ada 9 menu spesial yang disuguhkan untuk pemimpin kedua negara itu.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menikmati makan siang bersama usai pertemuan di Hotel Capella, Singapura, Selasa (12/6). Menu makan siang disiapkan pihak Gedung Putih dengan pengaruh Timur dan Barat.
Iga Sapi dan Ikan Codfish Jadi Menu Makan Siang Trump dan KimFoto: Istimewa
Baca Juga: Jalan-jalan di Singapura, Kim Jong-un Mampir ke Bar Keren Ini

Dilaporkan Fox News (13/6), Trump, Kim dan 13 perwakilan dari kedua negara itu mengawali makan siang dengan suguhan cocktail udang tradisional. Pelengkapnya salad alpukat, olahan mentimun khas Korea bernama oiseon dan salad kerabu mangga hijau dengan saus jeruk dan gurita segar.

Untuk hidangan utamanya tersedia iga sapi yang dimasak dengan teknik confit. Makin mengenyangkan karena dilengkapi dauphinoise kentang yaitu olahan kentang dengan susu creamy dari Prancis. Ada juga broccolini kukus dengan saus red wine di sampingnya.
Iga Sapi dan Ikan Codfish Jadi Menu Makan Siang Trump dan KimFoto: Istimewa
Trump dan Kim juga disuguhi babi renyah saus manis asam, nasi goreng Yangzhou dengan saus XO homemade, dan Daego jorim yaitu ikan codfish yang dimasak perlahan dengan lobak dan sayuran Asia lainnya.

Penutup sajian pertemuan bersejarah ini juga istimewa. Berupa tartlet dengan ganache dark chocolate dan es krim vanilla Häagen-Dazs bersama brioche isi saus cherry.
Iga Sapi dan Ikan Codfish Jadi Menu Makan Siang Trump dan KimFoto: Istimewa
Chef Singapura, Pang Kok Keong mengatakan menu-menu tersebut sepertinya terinspirasi dari sajian Prancis, China dan Korea. Sementara itu Willin Low, chef di Wild Rocket, menambahkan pilihan makanan tersebut cukup diplomatik dengan paduan menu Barat dan Korea.

Sebelum duduk makan siang di meja panjang dengan hiasan buket bunga, Trump sempat melontarkan candaan. "Sudah dapat foto bagus, semuanya? Jadi kita terlihat bagus, ganteng dan kurus? Sempurna," tukasnya.

Baca Juga: Santapan Favorit Kim Jong-un, Daging Kobe hingga Ular Kobra

(dvs/odi)