Santapan Favorit Kim Jong Un, Daging Kobe hingga Ular Kobra

Aryo Bhawono - detikFood Selasa, 12 Jun 2018 09:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memiliki selera makan yang tak lumrah. Ia pernah ketagihan keju Swiss, dan menghabiskan 30 juta dollar untuk belanja minuman keras.

Rahasia meja makan Kim Jong Un mulai terkuak pada 2015 lalu. Ia disebut suka makan steak, sushi, dan sampanye merek Cristal yang harganya perbotol 175 poundsterling.

Baca juga: Mengintip Gaya Kim Jong Un Saat Makan dan Pose dengan Makanan

Situs Dailymail.co.uk menyebut selera makan Jong Un meningkat pesat sejak dia menggantikan ayahnya sebagai pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Il, pada 2011. Dia pernah menghilang dari muka publik selama beberapa pekan karena tubuhnya kelebihan berat badan akiat terlalu banyak ngemil keju Emental dari Swiss.

Santapan Favorit Kim Jong Un, Daging Kobe hingga Ular KobraFoto: Istimewa

Kenji Fujimoto, mantan chef yang melayani Jong Il selama 13 tahun mengungkapkan Jong Un selalu menemani ayahnya makan dan lahap menyantap sushi sajiannya. Fujimoto biasanya menyajikan sushi yang dibuat dari bagian lemak tuna yang biasa disebut torro.

"Saya biasa membuatkan sushi untuk Sang Jenderal (Jong Il) paling tidak sekali seminggu dan Jong Un selalu menemaninya. Jadi bisa saya bilang Jong Un suka sushi," kata Fujimoto, 2015 lalu.

Jong Un mewarisi kebiasaan makan ayahnya yang mewah seperti caviar, dan minumnya champagne Kristal. Champagne ini sangat istimewa dan pertama kali dibuat sebagai persembahan untuk Tsar Rusia Alexander II.

Santapan Favorit Kim Jong Un, Daging Kobe hingga Ular KobraFoto: iStock

Jon Un juga biasa mengimpor sejumlah makanan istimewa lainnya seperti daging sapi Kobe (Jepang), daging babi dari Denmark, caviar dari Iran, buah melon dari China, kopi dari Brazil, dan beragam minuman keras (liquer). Beberapa makanan seperti sirip ikan hiu dan olahan minuman keras dengan ular kobra juga menjadi santapan Jong Un.

Baca juga: Jalan-jalan di Singapura, Kim Jong-un Mampir ke Bar Keren Ini



Saksikan juga momen saat Donald Trump dan Kim Jong-un makan siang bersama lewat video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(lus/odi)