Hidangan Lebaran

Mau Bikin Opor Ayam yang Gurih Enak? Ini Rahasianya

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 13 Jun 2018 08:45 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
FOKUS BERITA Hidangan Lebaran
Jakarta - Opor ayam kurang gurih? Kuah encer dan bumbu kurang meresap? Bisa jadi karena beberapa hal yang kurang tepat dalam proses memasaknya.

Selain jadi ikon sajian lebaran, opor ayam menjadi sajian wajib untuk menemani lontong dan ketupat. Meskipun opor berasal dari Jawa Tengah, ada banyak versinya. Misalnya, opor bakar, opor pedas, opor Sunggingan hingga opor Tuyuhan.

Bahan utamanya daging ayam dan santan. Untuk mendapatkan opor ayam yang gurih enak kuahnya dan bumbunya meresap, ini beberapa hal yang penting Anda perhatikan saat membuatnya.


Mau Bikin Opor Ayam yang Gurih Enak? Ini RahasianyaFoto: iStock

1. Potongan ayam
Agar matangnya bersamaan, potong ayam dalam ukuran yang hampir sama. Misalnya 1 ekor ayam untuk 10-12 bagian. Jika memakai ayam kampung tentu saja proses memasaknya akan lebih lama dari ayam negeri.

Gunakan ayam kampung yang gemuk dan mengandung lemak yang akan memberi rasa gurih enak opor. Jika tak ingin lemak berlebihan pada ayam negeri, buang lapisan lemak pada ayam. Atau bakar/panggang ayam hingga agak kering sebelum dimasak bersama bumbu opor.

Mau Bikin Opor Ayam yang Gurih Enak? Ini RahasianyaFoto: detikfood

2, Santan
Untuk mendapatkan kuah opor yang gurih alami gunakan santan dari kelapa segar. Hindari memakai santan instan meskipun lebih murah dan praktis karena aroma yang tajam.

Pilih kelapa tua yang tebal dagingnya. Peras santan menjadi santan encer dan santan kental. Rebus ayam bersama bumbu dan santan encer hingga ayam hampir lunak. Setelah itu tambahkan santan kental dan masak hingga seluruhnya matang.

Baca Juga : Ini Cara Tepat Menyimpan Santan dan Air Kelapa Agar Kualitasnya Terjaga

Mau Bikin Opor Ayam yang Gurih Enak? Ini RahasianyaFoto: dok. detikFood

3. Bumbu
Jangan pelit dengan bumbu yang Anda pakai. Karena bumbu berperan dalam memberi rasa gurih lezat pada opor ayam. Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang. Ditandai dengan butiran halus yang terbentuk saat ditumis dan aroma harum dari bumbu. Kemudian tambahkan daun salam dan daun jeruk agar aromanya makin wangi.

4. Api kecil
Setelah potongan ayam dimasukkan ke dalam santan berbumbu, biarkan hingga mendidih. Selanjutnya, kecilkan api dan masak hingga santan menyusut dan ayam empuk. Jika api terlalu besar, kuah opor akan 'pecah' santannya dan kurang gurih rasanya.

Mau Bikin Opor Ayam yang Gurih Enak? Ini RahasianyaFoto: iStock

5. Belimbing sayur
Untuk mengurangi rasa gurih berlebihan pada kuah opor, tambahkan beberapa buah belimbing sayur atau belimbing wuluh. Potong belimbing sayur menjadi 2 bagian dan masukkan ke dalam opor sesaat akan diangkat. Rasa sedikit kecut dari belimbing sayur akan membuat opor ayam makin sedap. (odi/odi)
FOKUS BERITA Hidangan Lebaran