Rekomendasi Buka Puasa

Ada Buryam dan Sate Kambing Enak untuk Buka Puasa di Sukabumi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 12 Jun 2018 15:00 WIB
Foto: Istimewa/Tredoria Foto: Istimewa/Tredoria
Jakarta - Hari ini mudik atau melintas di Sukabumi? Aneka makanan enak sudah menanti. Mulai dari buryam sampai sate kambing yang dicicip Jokowi!

Melintasi Sukabumi tak lengkap tanpa mencicip kuliner khasnya. Kota dengan cuaca sejuk ini menawarkan banyak makanan enak. Beberapa penjualnya bahkan terbilang legendaris. Intip 5 kuliner enak yang wajib dicoba saat ke Sukabumi.

1. Sate H. Mamat

Ada Buryam dan Sate Kambing Enak untuk Buka Puasa di SukabumiFoto: detikcom
Berlokasi di Jalan Ahmad Yani, No. 1, sate H. Mamat makin terkenal usai dikunjungi rombongan Presiden Jokowi April lalu. Warung makan ini punya menu andalan sate kambing muda yang diselingi lemak juicy. Sate kambing disajikan bersama sambal kecap. Ada juga sop kambing dengan isian tulang dan jeroan yang pas untuk hangatkan perut. Pilihan lain adalah sate sapi Maranggi yang manis gurih.

Warung Sate Haji Mamat
Jalan Ahmad Yani No. 1
Samping Masjid Agung, Gunungparang
Telepon: 085723111899

Baca Juga: Maknyus! Ini Sate Kambing H. Mamat yang Dicicipi Jokowi Saat ke Sukabumi

2.Mie Bakso Super H Achmad Sudja'i

Ada Buryam dan Sate Kambing Enak untuk Buka Puasa di SukabumiFoto: Istimewa/The Green Blog
Dikenal dengan nama Mie Baso Super HAS, rumah makan di jantung kota Sukabumi ini kerap ramai pembeli. Kabarnya Mie Baso Super HAS sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Menu andalannya adalah bakso besar dengan isian potongan daging. Untuk mienya, ada mie yamin berbahan mie kuning pipih buatan sendiri. Mienya lembut gurih dengan pelengkap seledri dan bawang goreng. Nyamm!

Mie Bakso Super H Achmad Sudja'i
Jalan Ir. H Juanda No. 9, Cikole
Telepon: 085724540443

3. Bubur Ayam Bunut

Ada Buryam dan Sate Kambing Enak untuk Buka Puasa di SukabumiFoto: Istimewa/Trip Advisor
Yang satu ini direkomendasikan banyak orang untuk dicicip di Sukabumi. Bubur ayam Bunut sudah ada sejak 1975. Racikan bubur ayam ini diciptakan H. To'i yang awalnya berjualan bubur dengan dipikul. Kini Bubur Ayam Bunut punya beberapa cabang di Sukabumi. Racikan bubur dengan suwiran ayam, kuah kaldu dan kacangnya disukai banyak orang. Makin mantap disantap dengan kroket.

Bubur Ayam Bunut
Jalan Siliwangi No. 93/131, Cikole
Telepon: 0266 221325

4. Mamih Ungu

Ada Buryam dan Sate Kambing Enak untuk Buka Puasa di SukabumiFoto: Istimewa/Tredoria
Sukabumi juga terkenal dengan nasi uduk ungunya yang cantik. Nasi uduk diracik dari buah bit atau ubi ungu yang jadi pewarna makanan alami. Nasi uduk ungu bisa disajikan dengan aneka lauk pauk seperti ayam kampung goreng, tempe, tahu, telur dadar, sambal dan lalapan. Ada juga pilihan nasi uduk ijo di Mamih Ungu. Nasi uduk ini lebih pedas karena menggunakan cabe hijau sebagai campuran.

Mamih Ungu
Jalan Brawijaya No. 16
Sriwidari, Gunung Puyuh
Telepon: 0266 210175

5.Bandros Atta

Ada Buryam dan Sate Kambing Enak untuk Buka Puasa di SukabumiFoto: Istimewa
Kalau mau buka puasa dengan menu tak terlalu berat, Sukabumi punya bandros. Yang terkenal adalah racikan Mbak Atta di kawasan Jalan Gudang. Kue berbahan campuran tepung beras, kelapa parut dan santan racikan Mbak Atta sudah ada sejak 1973. Tersedia rasa original dan rasa lain seperti vanilla, cokelat, strawberry dan keju.

Bandros Atta
Jalan Gudang, Kebonjati, Cikole (dwa/odi)