Maknyus! Ini Sate Kambing H. Mamat yang Dicicipi Jokowi Saat ke Sukabumi

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 08 Apr 2018 13:00 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Datang ke Sukabumi, Presiden Jokowi tak ingin melewatkan kuliner enak. Sate kambing racikan H. Mamat yang ternama jadi pilihannya.

Pada Sabtu (07/04) kemarin, Presiden Jokowi bermalam di Sukabumi, Jawa Barat. Usai menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat di Lapangan Sekarwangi, Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat.

Baca juga: Jokowi di Sukabumi: Hujan, Sate dan Kisah Sedih di Hari Minggu

Kala itu, cuaca di Sukabumi memang sedang turun hujan. Sehingga sangat pas mencicip seporsi sate kambing dengan ditemani semangkuk sop. Hmm, paduan yang pas!

Maknyus! Ini Sate Kambing H. Mamat yang Dicicipi Jokowi Saat ke SukabumiFoto: Jokowi di Sukabumi (Ray Jordan/detikcom)
Bersama para menteri, Jokowi pun memesan beberapa menu diantaranya adalah sate kambing, sate ayam dan sop kambing.

Warung Sate H. Mamat ini berlokasi di jalan Ahmad Yani No. 1. Daging kambing yang digunakan segar dan masih muda. Sehingga menghasilkan tekstur yang empuk. Bahkan di warung sate ini bisa dilihat karkas kambing muda yang digantung.

Maknyus! Ini Sate Kambing H. Mamat yang Dicicipi Jokowi Saat ke SukabumiFoto: Jokowi di Sukabumi (Ray Jordan/detikcom)
Meskipun tak semuanya daging, akan tetapi rasa sate ini sangat nikmat berkat paduan potongan lemak yang terasa lumer ketika dibakar. Bumbunya menggunakan bumbu kacang yang dicampur dengan kecap manis.

Sate kambingnya disajikan dengan bumbu kecap, lengkap dengan irisan cabai rawit, bawang merah dan juga tomat.

Maknyus! Ini Sate Kambing H. Mamat yang Dicicipi Jokowi Saat ke SukabumiFoto: dok.detikFood
Tentunya makin enak dinikmati bersama dengan nasi putih dan juga semangkuk sop kambing yang gurih hangat.

Buat pengunjung dari luar Sukabumi warung sate ini jadi destinasi kuliner. Selain sate kambing juga ada sate sapi. Sate sapinya dibumbu Maranggi yang manis gurih dan empuk.

Sup kambingnya yang bening dengan bumbu minimalis sangat disukai banyak orang. Tulang dengan sedikit plus jeroan enak dihirup hangat.

Jika ke Sukabumi jangan lupa singgah nyate dulu di sini. Sate kambing yang empuk juicy, sate sapi yang manis gurih atau sup kambing yang bening gurih menanti Anda. (dwa/odi)