Hidangan Lebaran

Agar Tak 'Digetok' Harga Saat Makan di Warung Pinggir Jalan, Ini 5 Tipsnya!

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 11 Jun 2018 15:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Makan di tempat yang belum pernah dikunjungi perlu hati-hati. Jangan sampai 'digetok' pedagang nakal yang jualan dadakan di musim mudik. Ini 5 tips atasinya.

Baru-baru ini di Losari, seorang pemudik mengalami hal yang kurang enak. Pasalnya, ketika melintas di Losari (perbatasan Jabar-Jateng) ia mampir ke salah satu rumah makan dan langsung memesannya tanpa tanya harga.

Setelah makan satu ayam goreng, lele, nasi putih dan teh tawar hangat. Ia pun kaget karena harus membayar Rp 60 ribu.

Baca juga: Bikin Kaget! Pecel Ayam Rp 60 Ribu/Porsi di Losari Saat Mudik

Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, sebaiknya tanya dulu harga dan perhatikan tempat makannya. Berikut ini 5 tips yang bisa Anda ketahui ketika ingin mampir makan di warung pinggir jalan selama musim mudik.

1. Pilih warung yang ramai

Agar Tak 'Digetok' Harga Saat Makan di Warung Pinggir Jalan, Ini 5 Tipsnya!Foto: iStock

Ketika perut sudah lapar, jangan sekali-kali memilih warung di tempat yang kawasannya sepi. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum makan di warung pinggir jalan adalah dengan memperhatikan keramaiannya.

Jika warungnya ramai, tentu saja harganya lebih murah dan rasanya enak. Akan tetapi kalau tempatnya sepi, Anda patut curiga bisa saja rasanya kurang enak.

2. Tanyakan harga terlebih dahulu

Agar Tak 'Digetok' Harga Saat Makan di Warung Pinggir Jalan, Ini 5 Tipsnya!Foto: iStock

Baik di warung makan pinggiran atau rumah makan, hal yang wajib Anda lakukan adalah menyakan harga. Jangan sampai ketika makanan sudah disantap, harganya ternyata mahal. Anda bisa mengecek harga melalui daftar menu atau langsung bertanya pada penjual.

Di musim mudik seperti ini, ada saja penjual iseng yang bisa menaikkan harga berkali-kali lipat, hanya karena Anda tidak tahu pasti berapa harga makanan tersebut. Oh ya, jangan sampai lupa membawa uang tunai ya, karena kebanyakan warung tenda tidak memiliki mesin untuk membayar dengan bantuan kartu.

3. Gunakan sedikit bahasa setempat

Agar Tak 'Digetok' Harga Saat Makan di Warung Pinggir Jalan, Ini 5 Tipsnya!Foto: iStock

Salah satu tips ini bisa Anda gunakan nih. Dengan menggunakan sedikit bahasa lokal saat membeli makanan, bisa saja lho Anda diberi harga spesial atau minimal tidak 'digetok' harga.

4. Tanya teman

Agar Tak 'Digetok' Harga Saat Makan di Warung Pinggir Jalan, Ini 5 Tipsnya!Foto: iStock

Selain melihat ramai atau tidaknya warung, hal yang lain yang bisa Anda lakukan adalah bertanya kepada teman. Bertanyalah kepada teman yang sering melewati jalan yang Anda lalui. Coba tanyakan tempat makan apa yang direkomendasikan agar tak mengecewakan.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk mengetahui tempat makan apa yang populer di sana. Beberapa tempat makan yang populer juga sering mencantumkan harga ketika Anda mencari informasinya melalui website.

Ketika makan di pinggir jalan, sebaiknya siapkan juga uang kecil di saku. Karena kebanyakan, di musim mudik atau di jam buka puasa ada banyak pengamen. Sehingga ini memudahkan Anda agar tak repot mengambil uang di dalam dompet atau tas.

5. Perhatikan kebersihan

Agar Tak 'Digetok' Harga Saat Makan di Warung Pinggir Jalan, Ini 5 Tipsnya!Foto: iStock

Saat melakukan perjalanan mudik, kesehatan adalah hal yang utama. Saat makan di suatu tempat, Anda juga jangan lupa memperhatikan kebersihan. Pastikan tempat yang akan Anda singgahi untuk bersantai dan menikmati makanan bersih. Hal ini untuk mencegah terjadinya diare ataupun timbulnya beberapa penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

Baca juga: Sebelum Mampir Makan di Warung Tenda, Perhatikan Dulu 5 Hal Ini



Tonton juga 'Mencicipi Brongkos Kambing Legendaris di Semarang':


(lus/odi)