Hidangan Lebaran

Kue-kue hingga Ketupat Berlauk Komplet Buat Sajian di Hari Raya

Devi Setya - detikFood Senin, 28 Mei 2018 17:33 WIB
Foto: Istock
FOKUS BERITA Hidangan Lebaran
Jakarta - Hari lebaran jadi momen spesial yang dirayakan dengan suka cita. Termasuk menghadirkan hidangan spesial, mulai ketupat, rendang hingga kue dan cake.

Kegembiraan menyambut hari raya diawali dengan persiapan membuat kue kering. Aroma wangi kue di dalam rumah menandakan makin dekatnya hari yang fitri tiba.

Jika ingin membuat kue kering sendiri, pastikan memiliki waktu yang cukup serta memegang resep andalan yang dapat dipercaya atau sudah teruji. Prosesnya dimulai dengan memilih dan membeli bahan baku berkualitas di toko bahan kue.

Selain bahan baku, banyak hal yang juga harus dipersiapkan mulai alat pengolahan, oven, loyang hingga cetakan kue kering. Jika salah satunya terlewat maka proses membuat kue pasti jadi terhambat.
Kue-kue hingga Ketupat Berlauk Komplet Buat Sajian di Hari RayaFoto: Istock
Baca juga : Yuk, Bikin Sendiri Kue Kering Klasik untuk Lebaran!

Namun jika merasa repot membuat sendiri, ada banyak toko yang menyediakan kue kering yang sudah siap disajikan. Beberapa toko kue offline maupun online bahkan banyak yang sudah siap dengan dagangannya sejak pekan ke dua Ramadan.

Asal dibuat, ditangani dan disimpan dengan benar maka kue kering bisa bertahan hingga berminggu-minggu. Wadah kedap udara jadi tempat paling tepat untuk menyimpan kue kering agar tekstur dan rasanya tetap terjaga.

Kue seperti cake dan bolu juga tak luput dari perhatian. Sebut saja roll cake, lapis legit dan lapis surabaya yang tak luput dari buruan konsumen. Belum lagi kue modern sekelas cake, pastry dan kue Eropa berlapis krim yang didekorasi dengan tema Idul Fitri.
Kue-kue hingga Ketupat Berlauk Komplet Buat Sajian di Hari RayaFoto: Istock
Disamping kue-kue manis, ada yang lebih penting lagi yakni hidangan spesial lebaran. Ya, deretan sajian seperti ketupat, opor ayam, rendang, kentang balado dan sayur pepaya jadi sajian yang hampir tak pernah absen saat lebaran.

Biasanya kesibukan di dapur baru mulai terasa sehari sebelum lebaran. Pasar tradisional mulai diserbu orang yang berburu kulit ketupat, daging sapi, ayam dan berbagai bumbu.

Jika biasa mengolah ketupat sendiri, boleh saja memasaknya di rumah dengan trik yang sudah dikuasai. Namun kalau baru mau coba-coba, usahakan membuatnya dalam jumlah sedikit dulu. Kalau malas mencoba, cukup memesan ketupat siap saji yang biasa banyak dijual.

Sebenarnya bukan hanya ketupat yang populer, di beberapa daerah bahkan menyajikan olahan beras lainnya mulai dari lontong hingga buras.
Kue-kue hingga Ketupat Berlauk Komplet Buat Sajian di Hari RayaFoto: Istock
Selain ketupat, daging juga harus diperhatikan. Karena peminatnya melonjak tajam, pastikan Anda mendapat daging berkualitas dan mengolahnya dengan benar. Jika memasak rendang dalam jumlah banyak sekaligus, pastikan rendang disimpan dengan benar agar makin lama makin enak rasanya.

Demikian juga dengan masakan lainnya, setelah matang harus disimpan dengan cara yang benar agar tak mudah basi. Tak mau repot memasak? Cukup pesan katering yang menawarkan hidangan lebaran.

Baca juga : Melestarikan Tradisi Lewat Hidangan Khas yang Lezat

Di zaman modern seperti ini memesan katering semudah memainkan gadget di tangan Anda. Ada beberapa layanan katering online yang bisa diandalkan untuk mengolah hidangan lebaran. Tinggal duduk manis di rumah, petugas katering akan mengantarnya langsung ke depan rumah.

Bukan hanya soal makanannya, jika diperhatikan lebih jeli, Indonesia memiliki tradisi yang sangat kaya. Diantaranya seperti cara merayakan lebaran di berbagai daerah, tradisi cara makan dan lain sebagainya.

Di tengah kesibukan Anda menyiapan yang istimewa untuk Idul Fitri, detikfood menemani Anda dengan ulasan Hidangan Lebaran. Dari tipa membuat kue hingga opor ayam yang sedap. Pastikan Anda terus memantau detikfood! (dvs/odi)
FOKUS BERITA Hidangan Lebaran