Pria Ini Lepaskan Gurita Seberat 31 Kilogram dari Pasar Ikan Agar Tak Diolah Jadi Makanan

Devi Setya - detikFood Jumat, 25 Mei 2018 17:16 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Orang-orang di pasar ikan Giovanni di Morro Bay heboh. Pasalnya seekor gurita raksasa 31 kilogram tangkapan nelayan baru saja dilepas kembali ke laut.

Dikabarkan Fox News (25/5) pemilk pasar ikan yang bernama Giovanni 'Gio' DeGarimore baru saja membuat berita heboh. Pekan lalu ia membeli gurita besar hasil tangkapan nelayan untuk dilepas lagi ke laut. Kini aksi serupanya kembali dilakukan.

"Saya tidak bisa menyelamatkan semuanya, jadi saya harus memilih satu yang bisa saya selamatkan," ungkap DeGarimore pada Fox News.
Pria Ini Lepaskan Gurita Seberat 31 Kilogram dari Pasar Ikan Agar Tak Diolah Jadi MakananGurita besar yang dirilis lagi ke laut/Foto: Istimewa
Baca juga : Menurut Organisasi PETA, Makan Gurita dan Lobster Hidup-hidup Merupakan Tindakan Kejam

Pria ini mengetahui ada nelayan yang mendapatkan gurita seberat 70 pon atau sekitar 31,7 kilogram. Mendengar kabar ini, DeGarimore bergegas membeli hasil tangkapan nelayan ini. Ia sebenarnya tak ingin kabar ini tersebar luas, namun sayangnya ada seorang karyawan yang mengambil foto dan menyebarkannya via Facebook.

"Temui Fred," tulis postingan yang dibagikan ke halaman Facebook pasar ikan, bersama dengan gambar "Fred" dalam baskom air. Fred adalah sebutan untuk gurita raksasa yang diselamatkan DeGarimore.

Lebih lanjut postingan ini berisi kalimat yang lebih panjang. "Mungkin Anda sudah tahu, mungkin juga belum tahu. DeGarimore termasuk orang yang menolak penjualan gurita sebagai produk makanan. Meskipun terlihat aneh, ini adalah kegiatan yang sebenarnya keren," lanjut postingan di Facebook.

DeGarimore juga mengatakan pada San Luis Obispo Tribune, meskipun ia mencari nafkah dengan menjual ikan, tapi selama 10 tahun terakhir ia dikenal sebagai orang yang aktif menyelamatkan gurita. Terlebih saat ia mendapat pengalaman menyenangkan saat menyelam dan bertemu gurita cephalopoda.

Lebih lanjut DeGarimore mengatakan beberapa bulan lalu ada nelayan yang mendapatkan gurita yang akhirnya disembelih hidup-hidup di restoran sushi.

"Itulah yang akhirnya membuat saya mengambil sikap," katanya, seraya menambahkan bahwa Fred sendiri kemungkinan ditakdirkan untuk nasib yang sama yakni berakhir di perut manusia.
Pria Ini Lepaskan Gurita Seberat 31 Kilogram dari Pasar Ikan Agar Tak Diolah Jadi MakananFoto: Istimewa
Jadi ketika DeGarimore ditawari kesempatan untuk membeli gurita seberat 31 kilogram, dia langsung membeli dengan jumlah uang yang lebih. Tujuannya adalah untuk menyelamatkan binatang yang ia sebut 'beautiful animal' ini.

Untuk memaksimalkan aksi positifnya ini, DeGarimore secara resmi membuat keputusan untuk sama sekali tidak menjual gurita di tokonya. Pengumuman ini ia sematkan di kolom informasi di website tokonya.

"Secara finansial, itu memang tidak masuk akal, tetapi saya harus tegas untuk sesuatu," kata DeGarimore kepada Fox News. "Jika saya mendapatkan kesempatan untuk membebaskan gurita lain lagi, saya pasti akan melakukannya."
Pria Ini Lepaskan Gurita Seberat 31 Kilogram dari Pasar Ikan Agar Tak Diolah Jadi MakananFoto: People
Baca juga : Gwyneth Paltrow Tak Mau Makan Gurita Karena Dianggapnya Makhluk Pintar

DeGarimore merilis gurita besar ini ke laut Morrow Bay pada hari Kamis dan keputusannya ini disambut "99 persen" reaksi positif dari pelanggan. Selain itu, deretan komentar netizen pengguna Facebook juga mendukung aksinya.

DeGarimore mengikuti Gwyneth Paltrow yang memutuskan untuk berhenti makan gurita. Selebriti ini bahkan mengatakan gurita adalah hewan yang terlalu pintar untuk dijadikan makanan. (dvs/odi)