Harga Ayam Naik! Ganti dengan Telur dan Ikan yang Proteinnya Hampir Sama

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 22 Mei 2018 15:58 WIB
Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Jakarta - Tak perlu khawatir jika harga daging ayam naik. Masih ada beberapa alternatif lauk hewani yang sama bergizinya. Telur dan ikan bisa jadi pilihan!

Harga daging ayam di Jawa Barat dan beberapa wilayah lain terus meroket naik. Kabarnya, kalau biasanya dibandrol dengan harga 25 ribu rupiah per kilogramnya kini menjadi 40 sampai 45 ribu rupiah per kilogram.

Baca juga: Harga Daging Ayam di Trenggalek Meroket, Daging Sapi Stabil

Tak hanya di Jawa Barat, dilaporkan detikFinance (21/05), di Pasar Basah Trenggalek, Marfuah mengungkapkan bahwa saat ini harga daging ayam potong dijual Rp 35 ribu/kg atau naik Rp 7.000 dari harga semula sebesar Rp 28 ribu/kg.

Harga Ayam Naik! Ganti dengan Telur dan Ikan yang Proteinnya Hampir SamaPenjual daging ayam di pasar. Foto: Trio Hamdani

Kenaikan harga daging ayam lebih kepada tren masuk bulan puasa sehingga harganya naik. Namun pasokannya masih dalam kategori aman. Sedangkan harga daging ayam kampung untuk satu ekornya sudah sampai 95 ribu rupiah per ekornya. Hal ini tentu bisa membuat para ibu rumah tangga memutar otak untuk berhemat tapi tetap bisa memasak enak.

Jika dilihat dari segi kandungan protein, daging ayam bukan jadi satu-satunya pilihan. Anda bisa memilih beberapa lauk hewani lainnya seperti telur ayam dan juga ikan segar.

Dalam 100 gram daging ayam mengandung kalori sebanyak 298 Kkal, 18,2 gram protein, 25 gram lemak dan zat besi 1,5 mg.

Harga Ayam Naik! Ganti dengan Telur dan Ikan yang Proteinnya Hampir SamaTelur rebus yang mengandung protein tinggi. Foto: iStock

Sedangkan untuk 100 gram telur mengandung 154 Kkal, 12,4 gram protein, 10,8 gram lemak dan zat besi 3 mg. Dan 100 gram ikan segar mengandung 113 Kkal, 17 gram protein, 4,5 gram lemak dan zat besi 1 mg.

Harga Ayam Naik! Ganti dengan Telur dan Ikan yang Proteinnya Hampir SamaPasar ikan segar. Foto: iStock

Tentu kalau dilihat dari kandungan gizinya, ikan segar dan telur memiliki kandungan protein yang tak jauh berbeda dengan daging ayam. Telur ayam bisa diolah jadi berbagai jenis makanan yang praktis dan enak. Sedangkan ikan bisa Anda buat jadi goreng atau dipadu dengan kuah santan yang gurih enak.

Baca juga: Ini Deretan Bahan Pangan yang Harganya Naik Jelang Ramadan

Kalau tertarik membuat telur, Anda bisa cek resep Telur Dadar Kembung Pedas di sini. Dan kalau mau masak Acar Ikan Pedas di sini. (lus/odi)