Keren! Saudi Arabia Punya Aplikasi yang Bisa Kirimkan Makanan ke Pengungsi Suriah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 21 Mei 2018 11:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Saudi Arabia - Ramadan tahun ini Saudi Arabia punya aplikasi makanan bernama YummCloud. Pengguna bisa beramal dengan mengirimkan makanan bagi pengungsi.

Dikabarkan Al Bawaba (20/5), manajer wilayah Barat Saudi Arabia, Fahad bin Thabit, mendeskripsikan YummCloud sebagai platform "sharing economy." Pihaknya bekerja sama dengan para pengembang dari India, Ukraina dan Amerika Serikat untuk membuat aplikasi ini.

"Ide dibalik YummCloud adalah menyediakan makanan rumahan untuk pengguna dalam cara yang sangat nyaman," ujar Cision PRWeb, perusahaan berita Amerika Serikat yang juga mempromosikan YummCloud.

Keren! Saudi Arabia Punya Aplikasi yang Bisa Kirimkan Makanan ke Pengungsi SuriahFoto: Istimewa

Baca Juga: Layanan Antar Makanan Ini Pekerjakan Pengungsi Irak dan Nepal Sebagai Chef

Lewat YummCloud pengguna bisa membeli, menjual dan mengirim masakan rumahan ke wilayah sekitar mereka. Yang harus dilakukan pengguna adalah memilih makanan yang ingin mereka makan dan mengirimkannya dengan cara paling sesuai, entah untuk diri sendiri atau orang lain.

Thabit mengklaim aplikasi ini bisa membantu komunitas yang membutuhkan. Ia bahkan berencana memanfaatkan YummCloud untuk mengirimkan makanan bagi para pengungsi Suriah di Turki.

"Kami menyebut makanan ini 'makanan kemanusiaan,' yang perlu dilakukan adalah menjangkau mereka (pengungsi) lewat jaringan sosial dan mendapatkan pemasok di sana. Orang-orang yang bersimpati dan jauh dari para pengungsi bisa membayar online dan membelikan makanan untuk mereka," jelas Thabit.

Ia juga mencontohkan kasus berbagi makanan di Afrika. "Ada wilayah yang penduduknya kelaparan, tapi ada juga yang punya pasokan makanan. Jadi jika pengguna membeli pasokan makanan dari area itu, mereka bisa mengirimkannya ke area yang dimana penduduknya kelaparan. Ini yang saya sebut ekonomi berbagi," tambah Thabit.

Keren! Saudi Arabia Punya Aplikasi yang Bisa Kirimkan Makanan ke Pengungsi SuriahFoto: Istimewa

Sayangnya YummCloud masih butuh waktu sekitar 2 tahun untuk diluncurkan secara internasional. Karena hingga kini YummCloud masih dalam tahap pengembangan.

Thabit mengatakan, "Kami bisa membuat pasar dimanapun di dunia ini. Yang kami butuhkan adalah menambahkan bahasa, mencari perusahaan pengiriman di sana, dan jika tidak, pengguna bisa mengirimkannya sendiri. Kami sudah memiliki 500 pesanan dalam 10 hari pertama peluncuran YummCloud di Saudi Arabia."

Di Saudi Arabia, YummCloud menjalin kerja sama dengan Careem selaku pihak pengirim logistik. "Kami menyediakan wadah untuk semua orang membantu semua orang," pungkas Thabit.

Baca Juga: Restoran Ini Pekerjakan Pengungsi Suriah sebagai Pegawai (adr/odi)