Mau Bikin Bubur Kacang Hijau Enak untuk Berbuka, Ikuti Tips Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 18 Mei 2018 10:12 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Bubur kacang hijau yang hangat manis cocok buat pembatal puasa. Agar teksturnya empuk dan rasanya legit enak, ikuti tips pembuatannya berikut ini.

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya nutrisi. Dalam 100 gram kacang hijau mengandung protein 5.42 g), potasium (266 mg), fosfor (99 mg), mangan (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), zat besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg), selenium (2,5 µg).

Kacang mungil ini menjadi sumber protein bagi vegetarian. Selain itu juga populer sebagai sajian berbuka puasa yang bisa memberi asupan energi.

Ada beberapa versi bubur kacang hijau. Ada yang tidak memakai santan. Ada juga yang memasak santan bersama kacang hijau dan ada yang disajikan dengan saus santan terpisah.

Baca Juga : Memilih Kacang Hijau

Mau Bikin Bubur Kacang Hijau Enak untuk Berbuka, Ikuti Tips IniFoto: iStock

Kalau ingin membuat bubur kacang hijau yang empuk dan legit, perhatikan beberapa hal penting ini.

1. Pilih kacang hijau yang bagus
Saat membeli kacang hijau pilihlah kacang hijau dengan butiran yang hampir sama. Mulus, tidak ada yang remuk dan warnanya hijau bersih. Kacang hijau yang sudah lama disimpan aromanya akan sedikit apek. Beli secukupnya agar tiap kali membuat bubur kacang hijau selalu mendapatkan kacang hijau yang baru.

2. Rendam kacang hijau
Tahapan yang sepele ini tak boleh Anda lewatkan. Setelah dicuci bersih, rendam kacang hijau dalam air bersih. Kacang hijau yang busuk, rusak akan mengambang dan mudah diangkat. Bilas air bersih dan biarkan terendam dalam air dingin selama 3 jam hingga butiran kacang hijau agak mengembang lalu tiriskan. Proses ini akan membuat kacang hijau lebih cepat empuk.

3. Perebusan
Rebus kacang hijau dalam air secukupnya dan potongan daun pandan hingga butiran kacang hijau merekah atau mekar dan airnya jadi agak keruh. Setelah proses ini baru tambahkan gula merah dan gula pasir serta sedikit garam. Kalau ingin rasa lebih hangat bisa ditambahkan beberapa potong jahe.

Jika ingin warna bubur agak keckelatan gunakan gula merah atau gula aren yang warnanya cokelat gelap. Tambahan gula pasir akan memberi rasa legit yang enak. Rebus hingga bubur mengental lalu angkat.

Mau Bikin Bubur Kacang Hijau Enak untuk Berbuka, Ikuti Tips IniFoto: iStock

4. Santan
Jika ingin menyajikan bubur kacang hijau dengan santan yang dicampurkan langsung. Gunakan santan kental, masukkan ke dalam bubur saat bubur mulai mengental. Jika akan menyajikan santan sebagai saus, rebus santan bersama daun pandan dan sedikit garam hingga mendidih dan kental. Angkat dan dinginkan. Saat akan disajikan tinggal ditambahkan saus santan pada buburnya.

5. Menyimpan sisa bubur
Bubur kacang hijau yang tersisa bisa Anda simpan dalam lemari es untuk dihangatkan kembali saat sahur. Tetapi jika Anda ingin menyimpan dalam waktu lama, lebih baik kemas dalam kantong plastik es mambo dan bekukan dalam freezer. Atau cetak dengan cetakan es lilin. (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
eLife
×
Di Balik Gemerlap Host Livestreaming Online
Di Balik Gemerlap Host Livestreaming Online Selengkapnya