Belanja Makanan Ramadan

Masak di Bulan Puasa Lebih Praktis dengan Bumbu Giling

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 13 Mei 2018 12:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Mau masak soto atau dendeng? Semuanya bisa dibuat dengan praktis. Bumbu giling yang segar di pasar bisa jadi stok bumbu.

Mendatangi Pasar Mayestik, detikFood pun mampir ke penjual bumbu giling. Bumbu menjadi salah satu hal yang utama dalam memasak.

Bumbu yang sudah digiling memang sangat memudahkan Anda dalam hal memasak, terutama saat puasa.

Masak di Bulan Puasa Lebih Praktis dengan Bumbu GilingJelang Puasa, Harga Cabai Masih Stabil (Foto: dok. detikFood)

Baca Juga: Sebelum Beli Bumbu Giling, Perhatikan Dulu 4 Tips Ini

Menjelang Ramadan harga cabai masih terbilang stabil. "Cabai merah sama rawit malah turun satu kilo Rp 50.000, tadinya Rp 60.000 per Kgnya," ujar Dwi, penjual sayur di Pasar Mayestik.

Kalau tak mau repot, beli saja bumbu di tempat ini. Bumbu Giling "Kajen", lokasinya tak jauh dari pintu masuk Pasar Mayestik.

Ada sekitar 8 jenis bumbu, cabe giling kering hingga bumbu dapur. "Harga bumbu tergantung dari harga cabai dan bawang putih. Harga juga pengaruhnya tergantung dari pasokan daerah," jelas Cecep, penjual bumbu giling.

Masak di Bulan Puasa Lebih Praktis dengan Bumbu GilingBumbu Giling Memudahkan Masak Saat Puasa (Foto: dok. detikFood)

"Kalau panen di daerah bagus, harga juga stabil," imbuhnya.

Cecep yang sudah berjualan bumbu sejak tahun 1981 mengatakan, bumbu yang ia jual bisa dimasak jadi berbagai jenis masakan. Salah satunya adalah ayam goreng, gulai, dendeng, bakso, opor, hingga rendang.

Harga per bungkus bumbu dibandrol dengan harga Rp 10.000. Semua bumbu yang ia jual digiling setiap hari sehingga masih fresh. Bumbu giling yang disimpan dalam freezer bisa bertahan hingga 3 bulan.

Masak di Bulan Puasa Lebih Praktis dengan Bumbu GilingPenjual Bumbu Giling Habiskan Banyak Stok Saat Ramadan (Foto: dok. detikFood)

Di bulan Ramadan Cecep buka dari pukul 7 pagi hingga jam 4. "Hari biasa saya membuat bumbu sekitar 15-20 Kg. Kalau Lebaran banyak bisa sampai 70 Kg," jelasnya.

Baca Juga: Ini Beda Ayam Kampung, Ayam Jantan dan Ayam Negeri

(adr/odi)
Menu Ke-14 : Olahan Seafood Enak, Udang Bakar dan Sambal Kerang Dara

Menu Ke-14 : Olahan Seafood Enak, Udang Bakar dan Sambal Kerang Dara