Belanja Makanan Ramadan

Sebaiknya Persiapkan Stok Daging Cincang Buat Sajian Puasa yang Praktis

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 10 Mei 2018 12:15 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Agar tak kelamaan memasak hidangan puasa, ada baiknya buat stok daging cincang. Caranya mudah dan praktis, perhatikan saja hal penting ini.

Daging sapi cincang bisa dijadikan andalan untuk lauk berbuka dan sahur. Bisa diolah menjadi bola daging, tumisan, atau dibuat burger. Jika Anda persiapkan dengan baik, hanya perlu beberapa menit untuk memasaknya.

Beberapa hal ini perlu Anda perhatikan saat akan menyiapkan stok daging sapi cincang.

1. Cincang sendiri atau beli yang sudah cincangan?

Sebaiknya Persiapkan Stok Daging Cincang Buat Sajian Puasa yang PraktisFoto: iStock

Di supermarket banyak dijual daging sapi cincang dengan pilihan 'lean meat', tanpa lemak atau daging cincang biasa dengan lemak. Sebaiknya pilih daging cincang tanpa lemak.

Tetapi akan lebih baik lagi jika mencincang sendiri daging sapinya. Pilih daging has luar atau daging bagian paha atas dan sedikit lemak. Dengan mencincang sendiri Anda bisa mengatur jumlah daging dan lemak sesuai selera. Karena umumnya daging cincang di supermarket banyak memakai lemak.

2. Pakai mesin atau pisau?

Sebaiknya Persiapkan Stok Daging Cincang Buat Sajian Puasa yang PraktisFoto: iStock

Jika ada, Anda bisa memakai food processor atau gilingan daging manual untuk menggiling daging. Sebelum digiling potong-potong daging sapi dan lemaknya agar lebih mudah halus. Untuk cara praktis Anda bisa juga meminta tolong tukang daging yang memiliki gilingan daging untuk menggiling daging yang Anda beli.

Jika memakai cara manual dengan pisau, simpan potongan daging utuh dalam freezer selama 2-3 jam hingga daging agak keras. Lalu potong tipis daging sapi dan cincang dengan pisau tajam. Dengan cara ini daging sapi mudah tercincang.

3. Stok berupa bola daging

Sebaiknya Persiapkan Stok Daging Cincang Buat Sajian Puasa yang PraktisFoto: iStock

Daging cincang bisa Anda buat jadi bola-bola daging. Campurkan dengan tepung terigu. kuning telur, merica dan pala bubuk serta garam. Aduk hingga rata dan bentuk jadi bola-bola.

Untuk menyingkat waktu, kukus bola-bola daging atau tumis dengan mentega hingga kecokelatan. Bola-bola daging bisa Anda simpan di kulkas atau frezer. Saat akan disajikan tinggal merebus dengan kaldu. Atau panggang sebentar dan sajikan dengan saus BBQ atau asam manis.

Baca Juga: Mau Bikin Bola-bola Daging Enak untuk Pasta? Ikuti 5 Tips Ini

4. Stok berupa beef patty

Sebaiknya Persiapkan Stok Daging Cincang Buat Sajian Puasa yang PraktisFoto: iStock

Anak-anak pasti suka makan sahur atau berbuka dengan burger. Patty burger bisa Anda siapkan memakai daging sapi cincang. Bumbui dengan bawang bombay cincang, mixed herb, garam dan merica kemudian bentuk jadi burger. Masak dengan sedikit mentega atau panggang sebentar.

Simpan sebagai stok, saat akan disajikan bisa langsung dipanaskan. Enak disajikan hangat dengan saus BBQ, mayonniase dan saus sambal serta sayuran.

Baca Juga: Resep Burger: Burger Sapi Jamur

5. Stok berupa daging cincang

Sebaiknya Persiapkan Stok Daging Cincang Buat Sajian Puasa yang PraktisFoto: iStock

Jika akan menyimpan daging cincang saja sebagai stok, sebaiknya bungkus dalam kemasan kecil sekitar 100 gram. Ini akan memudahkan jika akan dilumerkan dan dijadikan campuran tumisan atau topping bubur dan mie.

(adr/odi)