Lauk Kering untuk Ramadan

Agar Lauk Kering Tetap Renyah dan Tak Mudah Jamuran, Perhatikan 4 Hal Penting Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 07 Mei 2018 18:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jika dibuat dan disimpan dengan tepat, lauk kering akan tetap renyah hingga waktu lama. Ikuti tips ini saat menyiapkan lauk kering.

Sudah siap-siap bikin lauk kering? Sebaiknya perhatikan beberapa hal ini agar daya tahan dan kualitas lauk kering bertahan lama. Mulai dari memakai minyak saat menggoreng hingga menyimpan lauk kering.

1. Menggoreng lauk kering

Agar Lauk Kering Tetap Renyah dan Tak Mudah Jamuran, Perhatikan 4 Hal Penting IniFoto: iStock

Baik kering tempe, dendeng, kering kentang, serundeng atau ikan teri, sebaiknya digoreng menggunakan minyak baru dan berkualitas. Pemakaian minyak bekas bisa membuat lauk kering tidak tahan lama. Begitu juga dengan rasa dan tekstur lauk kering bisa tidak maksimal.

Yang juga perlu diperhatikan adalah saat menggoreng bahan utama lauk kering, pastikan meniriskan minyaknya hingga tuntas. Selanjutnya baru campur bumbu yang sudah disiapkan hingga bumbu tidak basah. Setelah semua tercampur rata dan kering, angkat lauk kering dan dinginkan beberapa saat.

2. Memilih wadah

Agar Lauk Kering Tetap Renyah dan Tak Mudah Jamuran, Perhatikan 4 Hal Penting IniFoto: iStock

Ada beberapa jenis wadah yang bisa dipakai untuk menyimpan lauk kering. Yang paling populer adalah wadah plastik khusus makanan . Bisa juga menggunakan stoples kaca atau mason jar agar terlihat lebih cantik. Yang paling penting adalah pilih wadah yang memang aman untuk menyimpan makanan (food grade). Pilih juga wadah dengan penutup yang rapat sehingga kedap udara. Pastikan kondisi wadah benar-benar kering dan bersih saat lauk kering ingin dimasukkan.

3. Menyimpan lauk kering

Agar Lauk Kering Tetap Renyah dan Tak Mudah Jamuran, Perhatikan 4 Hal Penting IniFoto: iStock

Simpan lauk kering di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Menyimpan di tempat lembap akan memicu pertumbuhan bakteri dan jamur yang merusak kualitas lauk kering. Pilihan lainnya adalah menyimpan lauk kering di dalam kulkas agar lebih awet. Suhu yang dibutuhkan berkisar antara 10-21 derajat celsius.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menyimpan lauk kering adalah menjauhkannya dari makanan berbau tajam. Jangan taruh lauk kering di dekat terasi, bawang atau makanan beraroma kuat lainnya. Aroma itu bisa diserap dan membuat kualitas lauk kering menurun.

4. Mengambil lauk kering

Agar Lauk Kering Tetap Renyah dan Tak Mudah Jamuran, Perhatikan 4 Hal Penting IniFoto: iStock

Terlihat sepele, mengambil lauk kering juga ada triknya supaya tetap awet. Tiap mengambil lauk, gunakan sendok kering dan bersih supaya lauk kering tidak cepat berjamur dan tetap renyah. Pasalnya bakteri maupun air yang masuk ke wadah melalui sendok membuat lauk kering menurun kualitasnya.

(adr/odi)