Rekomendasi Tempat Makan

Sedang Ada di Jogja, 5 Warung Sate Kambing Ini Wajib Anda Kunjungi!

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 05 Mei 2018 12:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Selain berwisata, Jogja bisa menjadi destinasi tempat kulineran. Tak melulu harus gudeg, sate kambing legendaris ini juga enak dan wajib dicoba lho.

Di beberapa daerah seperti Bantul hingga Kotagede terdapat penjual sate kambing yang sudah tersohor. Sama-sama menggunakan daging kambing yang empuk, akan tetapi bumbu kecapnya ada yang pedas dan tidak. Bisa dinikmati bersama dengan lontong ataupun nasi putih hangat. Hati-hati ya nanti nambah!

Baca juga: Ini 5 Tempat Makan Ikonik Di Jogja yang Wajib Disinggahi


1. Sate Munggur
Sedang Ada di Jogja, 5 Warung Sate Kambing Ini Wajib Anda Kunjungi!Foto: hungerranger.com
Proses pembakaran sate kambing di sini menggunakan ruji sepeda. Sehingga setelah matang, tusukannya dilepas sehingga tinggal potongan daging kambing yang empuk enak. Lokasi Sate Munggur ini ada di Jalan Godean KM. 7.

Selain sate kambing ada juga gulai, tongseng hingga tengkleng yang berkuah gurih sedap. Makin enak disantap dengan nasi dan ditemani dengan es jeruk. Wah mantap!


2. Sate Kambing Mbah Margo
Sedang Ada di Jogja, 5 Warung Sate Kambing Ini Wajib Anda Kunjungi!Foto: jogja culinary
Konon katanya, warung sate ini sudah berdiri sejak zaman pendudukan Jepang dan sudah diwariskan turun temurun hingga generasi ketiga. Ada juga yang menyebutnya sudah ada sejak tahun 1945. Lokasinya ada di Jalan Waters Muntilan, Muntilan RT. 39 / RW. 13, Boto Weran, Nanggulan, Kulon Progo.

Warung Sate Mbah Margo dalam sehari bisa habiskan sekitar 2 ekor kambing. Harganya cukup murah yaitu Rp 27.000 sudah bisa mencicip sate lengkap dengan nasi dan minumnya. Tekstur daging kambingnya empuk dengan paduan bumbu kecap dan disajikan dengan irisan kol, tomat serta bawang merah. Sedap!


3. Sate Petir Pak Nano

Sedang Ada di Jogja, 5 Warung Sate Kambing Ini Wajib Anda Kunjungi!Foto: Dok. detikFood
Pecinta pedas dan kambing, langsung saja melipir ke Bantul untuk menyambangi rumah makan Pak Nano. Sate Petir milik Pak Nano ini sudah buka sejak tahun 1984. Hampir sama dengan sate kambing umumnya, yang membedakannya adalah irisan cabai rawit yang pedas.

Ada level PAUD atau TK dengan rasa yang tak pedas hingga level cabai terpedas yaitu level profesor. Sate kambing racikan Pak Nano ini dibandrol dengan harga Rp 23.000 dengan isi 5 tusuk sate plus balutan bumbu kecap dengan irisan cabai rawit dan disajikan dengan irisan bawang merah, kol dan tomat. Pedas dan mantap!

Kalau tertarik mencicipnya, Anda bisa langsung mampir ke Jalan Jogja Ring Road Sel. No. 90 Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Baca juga: Sate Petir Pak Nano: Disambar Sate Petir Racikan Pak Nano yang Bikin Ketar-ketir


4. Sate Sor Talok

Sedang Ada di Jogja, 5 Warung Sate Kambing Ini Wajib Anda Kunjungi!Foto: anishidayah.com
Masih di kawasan Bantul, ada juga warung sate yang cukup terkenal namanya sate "Sor Talok". Namanya memiliki arti yaitu Sor merupakan kependekan dari ngisor yang artinya bawah dan talok adalah sebutan masyarakat Jawa untuk buah Kersen.

Warungnya memang berada di Dusun Code, Bantul tepatnya di Jalan pramuka, Trirenggo, Bantul. Sate kambing menjadi salah satu andalannya. Mirip dengan sate klatak, daging kambingnya ditusuk dengan ruji kemudian dibakar diatas arang panas. Rasanya gurih dan makin enak disajikan dengan siraman sambal kecap.


5. Sate Mbah So Kotagede

Sedang Ada di Jogja, 5 Warung Sate Kambing Ini Wajib Anda Kunjungi!Foto: Istimewa
Sate Mbah So Kotagede terletak di Jalan R. Ronggo No. 32 Desa Karang, Kelurahan Prenggan, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta. Sudah berdiri sejak tahun 1999, warung sate ini memiliki beberapa jenis menu yang banyak penggemarnya. Ada sate bakar, sate goreng hingga sate klatak.

Sate kambingnya memiliki tekstur yang empuk dan disajikan dengan bumbu kecap, irisan bawang merah, tomat, cabai dan timun. Makin enak dinikmati bersama dengan nasi putih hangat. Selain sate, Anda juga bisa memesan tengkleng hingga tongseng yang tak kalah nikmat.

Baca juga: Menjelajah Jogja dengan Mencicip 8 Jajanan Kaki Lima yang Populer dan Murah Meriah (sob/odi)