Kuliner Depok

Hampir Terlupakan! Dodol Belimbing yang Manis Enak Khas Kota Depok

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 25 Apr 2018 17:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Kuliner Depok
Jakarta - Siapa sangka ternyata Depok dikenal sebagai Kota Belimbing. Untuk memanfaatkan buah belimbing tersebut, dibuatlah dodol. Rasanya manis dengan tekstur yang empuk.

Belimbing Dewa sebenarnya sudah menjadi ikon Kota Depok sejak tahun 2007. Depok memang dikenal sebagai penghasil dan memiliki petani yang gemar membudidayakan buah belimbing. Meskipun banyak, akan tetapi ketika sedang tidak musim Anda akan kesulitan untuk mendapatkan belimbing segar.

Baca juga: Mau Pesan Dodol Khas Betawi? di Sini Tempatnya!

Belimbing Dewa memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Seperti kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi sehingga berkhasiat atasi sariawan, kolesterol hingga darah tinggi.

Hampir Terlupakan! Dodol Belimbing yang Manis Enak Khas Kota DepokFoto: iStock

Untuk memanfaatkan kelimpahan belimbing di tempat ini, masyarakat pun banyak yang membuat dodol dengan paduan belimbing. Dalam proses pembuatannya hampir sama dengan dodol Betawi pada umumnya. Dengan bahan baku berupa belimbing, tepung beras, santan kelapa dan gula pasir.

Santan kelapa yang dimasak hingga mendidih dicampurkan dengan gula pasir. Setelah itu masukkan adonan tepung beras dan juga belimbing yang sudah diblender hingga halus. Kemudian aduk hingga kalis. Proses pengadukan dodol dilakukan dalam waktu sekitar 4 jam.

Hampir Terlupakan! Dodol Belimbing yang Manis Enak Khas Kota DepokFoto: Istimewa

Rasanya legit dengan sensasi sedikit asam yang berasal dari belimbing. Dodol ini bisa ditemui dibeberapa tempat oleh-oleh yang berada di kawasan Margonda hingga Cinere, Depok. Mau coba?

Baca juga: Melihat Pembuatan Dodol Khas Betawi (lus/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Depok
Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu

Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu