Mau Tidur Lebih Nyenyak Malam Ini? Konsumsi Saja 4 Makanan dan Minuman Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 24 Apr 2018 19:48 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Ahli gizi ini beritahu minuman dan makanan apa yang bisa bikin tidur lebih nyenyak. Kalau sulit tidur, beberapa bahan makanan ini bisa Anda konsumsi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat berbahaya bagi tubuh. Orang Inggris memiliki waktu tidur yang buruk, rata-rata terjadi pada usia 35 hingga 44 tahun.

Dikutip dalam Natural News (19/04), ahli gizi Rick Hay membeberkan bahan-bahan apa saja yang bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Baca juga: Hilangkan Stres dan Cegah Insomnia dengan 7 Jenis Teh Hijau Ini

1. Teh hijau, hitam dan putih

Mau Tidur Lebih Nyenyak Malam Ini? Konsumsi Saja 4 Makanan dan Minuman IniFoto: iStock

Penelitian menunjukkan bahwa asam amino L-theanine dalam teh hijau, hitam dan putih dapat membantu menurunkan kecemasan dan meningkatkan kenyamanan tidur. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2008 di Asia Pacific Journal of Nutrition menganalisis aktivitas otak orang dewasa yang sehat dan menemukan peningkatan aktivitas gelombang alpha setelah mereka mengambil L-theanine.

Gelombang alpha adalah gelombang otak yang mendorong relaksasi. Studi lain juga ada yang mengungkapkan bahwa melengkapi diet dengan 400 mg L-theanine dapat membantu anak laki-laki dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) tidur lebih baik dan lebiih nyenyak.

2. Teh chamomile

Mau Tidur Lebih Nyenyak Malam Ini? Konsumsi Saja 4 Makanan dan Minuman IniFoto: Getty Images

Chamomile sangat baik untuk melawan peradangan, penyakit kardiovaskular, diabetes dan flu. Selain itu, chamomile juga bisa membantu Anda tidur nyenyak karena kandungan flavonoid di chamomel mengandung apigenin yang mengikat diirnya ke reseptor otak. Sebuah penelitian yang menarik meskipun kecil menunjukkan bahwa 10 pasien dapat tidur dengan nyenyak selama 90 menit setelah minun teh ini.

Studi lain mengungkapkan bahwa chamomile memiliki efek yang menenangkan.

3. Jahe

Mau Tidur Lebih Nyenyak Malam Ini? Konsumsi Saja 4 Makanan dan Minuman IniFoto: iStock

Tak hanya dapat menenangkan perut, bahan kimia gingerol dalam jahe juga dapat merelaksasi tubuh dan membentuk tonik peredaran darah yang baik. Sebuah studi yang diterbitkan dalam journal Complementary Therapies in Medicine menemukan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung jahe dapat mengurangi waktu yang diperlukan bagi penderita insomnia untuk tidur.

Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal Bioorganic and Medicinal Chemistry mengungkapkan bahwa jahe mungkin mengikat reseptir serotonin (reseptor otak) dan mengurangi rasa cemas.

4. Buah markisa

Mau Tidur Lebih Nyenyak Malam Ini? Konsumsi Saja 4 Makanan dan Minuman IniFoto: iStock

senyawa harman dalam buah markisa memiliki efek hipnotik. Ini adalah obat penenang yang dapat mengurangi insomnia dan kecemasan serta tidur nyenyak.

Baca juga: Tanpa Disadari Ternyata Insomnia Bisa Sebabkan Berat Badan Naik (lus/odi)