Makanan Pesisir Jawa Tengah

Mampir ke Jepara, Ini 6 Oleh-oleh yang Harus Dibawa Pulang!

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 19 Apr 2018 15:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Berkunjung ke tanah kelahiran RA. Kartini, Jepara Anda wajib membawa pulang oleh-oleh enak. Ada carang madu, kerupuk ikan hingga durian Petruk yang enak!

Selain bisa menikmati makanan enak seperti opor panggang, horok-horok dan moto belong, Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Jepara. Rasanya enak dan juga harganya sangat terjangkau!

Baca juga: Ini 5 Makanan Enak yang Wajib Dicicipi Kalau Mampir ke Jepara

1. Carang Madu

Carang madu yang renyah manis khas Jepara.Carang madu yang renyah manis khas Jepara. Foto: Istimewa

Makanan manis ini dibuat dari beberapa bahan alami. Ada santan, tepung beras dan gula. Carang madu ini memiliki tekstur yang renyah berbentuk kumpulan lembaran mirip carang atau ranting bambu dengan diolesi madu di atasnya. Carang madu merupakan makanan tradisional bagi masyarakat keturunan Tiongkok di Welahan, Jepara.

Selain diburu oleh para pelancong, kue Carang Madu ini selalu jadi suguhan di acara-acara besar seperti Imlek, Ceng Beng atau Hajatan.

2. Kerupuk tengiri

Kerupuk ikan tenggiri yang enak dari Jepara.Kerupuk ikan tenggiri yang enak dari Jepara. Foto: Istimewa

Kaya akan hasil laut, Jepara juga punya kerupuk ikan tenggiri yang bisa jadi oleh-oleh. Dalam proses pembuatannya ikan tanpa duri dan tepung serta bumbu dicampur hingga membentuk adonan. Adonan kemudian dibentuk seperti kapsul ukuran besar lalu dibungkus daun pisang dan dikukus.

Diiris tipis, adonan yang sudah dikukus ini kemudian di keringkan dengan bantuan sinar matahari hingga benar-benar kering. Setelah itu dikemas dan dijual dibeberapa pusat oleh-oleh di Jepara.

3. Kacang Jepara

Mampir ke Jepara, Ini 6 Oleh-oleh yang Harus Dibawa Pulang!Kacang oven, oleh-oleh khas Jepara. Foto: Istimewa

Berbeda dengan jenis kacang di daerah lain. Di Jepara, kacangnya diolah dengan cara dipanggang dengan bantuan pasir. Dalam proses pengolahannya, setelah direbus beberapa menit, kacang dibumbui dengan campuran bawang, ketumbar dan jinten kemudian digoreng dengan pasir bukan minyak sehingga berwarna kehitaman. Kacang Jepara yang masih dilengkapi dengan kulit ini ukurannya kecil dengan pilihan rasa manis dan asin.

Kacang jenis ini banyak diproduksi di Kalipucang Wetan, Welahan, Jepara.

Selan kacang berkulit, Jepara juga memiliki kacang oven yang tak kalah enak. Kacang oven ini tak berminyak karena dibuat dengan cara dipanggang. Dengan rasa gurih khas bawang putih yang enak. Cocok jadi camilan di rumah.

4. Durian Petruk

Durian Petruk yang enak dari Jepara.Durian Petruk yang enak dari Jepara. Foto: Istimewa

Tak hanya Palembang, Jepara juga punya durian Petruk yang enak. Durian Petruk ini memiliki bentuk yang panjang dengan daging buah yang teba, biji kecil dan warna dagingnya kuning seperti mentega. Harga durian Petruk memang terbilang mahal. Lebih mahal dari jenis durian biasa.

Harga durian Petruk biasanya sekitar Rp 50.000 - Rp 120.000 tergantung dari ukuran durian.

5. Kerupuk Bawang

Mampir ke Jepara, Ini 6 Oleh-oleh yang Harus Dibawa Pulang!Kerupuk bawang yang cocok jadi camilan. Foto: Istimewa

Selain kerupuk tenggiri, Jepara juga punya kerupuk bawang yang sudah terkenal enaknya. Kerupuk ini dibuat dari campuran tepung terigu, bawang putih halus, merica, ketumbar yang diadoni menjadi satu. Kukus adonan dan potong adonan kerupuk sesuai selera. Jemur dan goreng kerupuk hingga kering.

Enak disantap untuk teman makan nasi pecel, bakso hingga nasi putih. Nyam!

Baca juga: Kalau Mampir ke Pekalongan, Jangan Lupa Cicipi Sego Megono dan Lontong Lemprak (lus/odi)
Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu

Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu