Wouw! Barack Obama hingga Gwen Stefani Ternyata Pernah Bekerja di Gerai Cepat Saji

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 18 Apr 2018 19:40 WIB
Foto: The White House/Pete Souza/Medium Foto: The White House/Pete Souza/Medium
Jakarta - Jika ditanya soal pengalaman kerja, tujuh tokoh publik asal Amerika Serikat ini punya pengalaman berharga saat bekerja di gerai cepat saji. Siapakah mereka?

Banyak yang menganggap remeh pekerja di gerai makanan cepat saji. Tapi jika Anda tahu kalau para tokoh publik ini pernah bekerja di sana, Anda pasti akan mengubah pola pikir itu. Berikut tujuh tokoh publik yang sangat populer yang pernah bekerja di McDonald's hingga Baskin-Robbins seperti dilansir MSN (18/4).

1. Barack Obama
Wouw! Barack Obama hingga Gwen Stefani Ternyata Pernah Bekerja di Gerai Cepat SajiFoto: Istimewa
Mantan Presiden Amerika Serikat ini punya daftar riwayat hidup yang cukup mengesankan. Tapi tahukah Anda apa pekerjaan pertamanya?

Saat remaja, Obama yang tinggal di Honolulu pernah menjadi pramusaji Baskin-Robbins. Ia menuliskan deskripsi pekerjaannya kala itu di akun LinkedIn miliknya di tahun 2016.

"Menyendok es krim ternyata lebih keras daripada kelihatannya. Deretan es krim keras bisa sebabkan kekasaran di pergelangan tangan,"tulis Obama.

Ia juga mengaku kalau pekerjaan pertamanya itu tidak begitu bagus namun mengajarkannya banyak hal.

"Pekerjaan musim panas saya tidak begitu mempesona. Tapi mengajari saya beberapa pelajaran yang sangat berharga. Tanggung jawab. Kerja keras. Menyeimbangkan pekerjaan dengan teman, keluarga, dan sekolah," tutur Obama.

"Mungkin saya sudah kurang berselera dengan es krim setelah terlalu banyak (memakan) es krim gratis, aku tidak akan pernah melupakan pekerjaan itu atau orang yang memberiku kesempatan dan bagaimanan mereka membantuku untuk sampai pada tempatku sekarang," tulis Obama.

Baca juga : 8 Restoran di New York Ini Pernah Disambangi Barack Obama (2)

2. Lin-Manuel Miranda

Sebelum karyanya berjudul 'Hamilton' memenangkan Tonys and Grammys, komposer asal Amerika Serikat ini pernah bekerja di gerai fast food ternama, McDonald's.

Bukan sebagai manajer atau supervisor, tapi sebagai kasir hingga kurir layanan pesan antar. "Aku menjadi kasir dari jam 10 pagi hingga jam 2malam. Jadi aku orang yang kalian maki ketika menu sarapanmu terlambat datang," tutur Miranda pada Chicago Tribune di tahun 2016.

Namun pengalamannya itu menjadi ide pembuatan lagu 'Delivery' versi tahun 2009 yang diubah dari musikal berjudul 'Working' di tahun 1978.

"Hal terbaik saat aku bekerja di sana ketika layanan McDonald's masih langka, dan dengan mengantar, Anda bisa mendapat tips dan Anda bisa mendapat $4.25 (Rp 57 ribu) sejam, tipsnya sangat besar. Jadi itu yang aku ceritakan di laguku," tutur Miranda.

3. Pharell Williams
Wouw! Barack Obama hingga Gwen Stefani Ternyata Pernah Bekerja di Gerai Cepat SajiFoto: Pascal Le Segretain/Getty Images
Pelantun lagu 'Happy' ini sempat dikenal sebagai pramusaji di gerai sandwich asal Amerika, Arby's. Padahal McDonald's merupakan gerai makanan cepat saji pertama yang mempekerjakan Williams.

"Aku dipecat dari McDonald's tiga kali, tidak hanya satu kali," Tutur Williams pada NBC di tahun 2015.

Alasannya sangat mengejutkan. Ia menyebut dirinya pemalas. Bahkan sangat malas. Musisi ini juga bercerita kalau musik bisa membuatnya terganggu saat sedang mengepel lantai.

4. Gwen Stefani

Siapa yang tidak kenal dengan penyanyi yang satu ini. Selain bersuara emas, sepertinya Gwen juga jago menyendok es krim. Pasalnya dulu ia pernah bekerja di gerai es krim Dairy Queen.

"Ketika saya mulai di sana, saya cocok dengan pakaian saya. Ketika saya keluar dari sana, saya tidak cocok dengan pakaian saya," tuturnya.

Walau demikian, wanita cantik ini sepertinya sangat menyukai es krim Dairy Queen. Ia mengunggah sebuah es krim cone Dairy Queen di tahun 2015 lalu dengan keterangan, "Hi Dairy Queen gx".

5. Jay Leno

Salah satu komedian Amerika, Jay Leno, ternyata pernah bekerja di McDonald's. Saat di bangku sekolah menengah pertama, ia berkesempatan untuk menghibur pengunjung McDonald's.

Pasalnya ia menjadi komedian di acara pertunjukan bakat milik McDonald's. "Itu pertama kalinya Jay menghasilkan uang dari hasil melawak. Itu jadi hal terbaik baginya," tutur Ruth Streeter selaku produser '60 Minutes'.

6. Jeff Bezos
Wouw! Barack Obama hingga Gwen Stefani Ternyata Pernah Bekerja di Gerai Cepat SajiFoto: Istimewa
CEO sekaligus founder Amazon ini merupakan orang terkaya di dunia. Berdasarkan keterangan Forbes, kekayaannya mencapai $120 miliar (Rp 1.6 kuadriliun). Namun sebelum menjadi raja e-commerce, ia pernah belajar bekerja di McDonald's.

"Aku seorang juru masak. Mereka tidak membiarkan saya untuk mendekati pelanggan. Ini terjadi saat masa remajaku. mereka seperti, "hmm, kenapa kamu tidak bekerja di belakang?" canda Bezos.

"Anda bisa belajar caranya bertanggung jawab, kalau Anda benar-benar bekerja dengan serius. Anda bisa belajar banyak ketika jadi pekerja di McDonald's saat remaja. Ini berbeda dari yang Anda pelajari di sekolah. Jangan menganggap remeh nilai itu!," tuturnya.

Baca juga : 10 Seleb Hollywood Ini Dulunya Pelayan Restoran (1)

7. Jennifer Hudson dan Queen Latifah

Kedua aktris ini mengaku pernah bekerja di Burger King di acara The Queen Latifah Show. "Aku membuat burger, aku membalik burger, aku membuat kentang goreng, aku membuat minum," tutur Queen Latifah.

"Aku membersihkan toilet, sudah seperti miliku.. Anda bisa memakai toilet setelah aku bersihkan. Itu pekerjaan susila. Aku tidak ingin melakukan itu," tambahnya.

Kemudian Hudson mengaku ke Queen Latifah kalau ia pernah bekerja di layanan drive-thru Burger King. Ia diharuskan bernyanyi lewat microphone saat pelanggan datang. Jika terdengar bunyi 'bip' berarti ada seorang pelanggan datang.

"Itu jadi penanda aku untuk mulai bernyanyi, ketika mereka datang ke layanan drive-thru," ujar Hudson dalam acara talk show itu. (dvs/odi)