Yang Enak di Tangerang

Berburu Pecak Gurame dan Gabus Pucung Enak di Tangerang Selatan

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 16 Apr 2018 18:40 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
FOKUS BERITA Yang Enak di Tangerang
Jakarta - Pecak gurame dan gabus pucung menjadi makanan khas Betawi yang banyak penggemarnya. Berbeda dari yang lain, di sini pecak guramenya dipadu dengan kacang.

Rumah makan khas Betawi ini sudah berdiri sejak 14 tahun yang lalu dan dirikan oleh Ibu H. Banzir. Meskipun namanya sederhana, di sini ada banyak sekali deretan menu yang dijual di rumah makan ini. Mulai dari gurame pecak, gabus pucung, sop iga, pepes hingga jengkol yang bisa diolah jadi pecak, balado dan digoreng.

Berburu Pecak Gurame dan Gabus Pucung Enak di Tangerang SelatanSuasana di RM. Pecak Gurame. Foto: detikFood

RM. Pecak Gurame ini punya dua sajian menu yang terkenal sejak dulu yaitu pecak gurame (Rp 120.000) dan gabus pucung (Rp 75.000). Semua sajian ikan di sini dibuat segar, pasalnya ketika Anda memesannya ikan baru diolah sesuai dengan pesanan Anda.

Baca juga: Ini Dia 5 Warung Betawi yang Wajib Dicicip Saat Mampir ke Tangerang

Bicara soal pecak, biasanya pecak gurame di rumah makan Betawi disajikan dengan kuah bening dengan campuran cabai dan bawang. Akan tetapi di rumah makan ini, pecak guramenya disajikan dengan gaya berbeda yaitu ditambahkan dengan bawang merah, jahe, temu kunci, kacang sangrai tumbuk, cabai dan juga kecombrang.

Ini hasilkan rasa yang enak. Pada kuahnya tercecap rasa yang gurih dengan tekstur kacang yang enak.

Gabus pucung dan pecak gurame yang enak disantap dengan lalapan dan sambal.Gabus pucung dan pecak gurame yang enak disantap dengan lalapan dan sambal. Foto: detikFood

Sedangkan gabus pucungnya disajikan dengan bumbu hitam. Rasanya gurih dengan paduan rasa kluwek yang khas. Ukuran pecaknya Bumbunya terdiri dari kemiri, cabai, bawang putih, bawang merah, kencur, lengkuas, serai, salam dan kunyit.

Ukuran gurame dan gabusnya cukup besar. Gurame yang disajikan memiliki berat 7 ons dan gabusnya bisa dinikmati untuk 2 orang. "Dulu ikan gabusnya lebih besar bisa sampai 3 Kg. Tapi kalau sekarang agak susah, untuk dapat yang 2 Kg aja jarang," tutur Yanti, mantu dari H. Banzir pemilik RM. Pecak Gurame kepada detikFood (16/04).

Baik pecak gurame dan gabus pucung makin enak dinikmati bersama dengan lalapan dan sambal dadak. Lalapannya terdiri dari kemangi, selada, terong hijau bulat, mentimun dan sambal dadak yang tak terlalu pedas.

RM. Pecak Gurame ini memiliki dua cabang yang ada di kawasan Taman Tekno dan Cisauk. Kalau mau ke cabang pertamanya, Anda bisa langsung datang ke Jalan Raya BSD City Taman Tekno No. 18, Ciater Barat, Tangerang Selatan. Tertarik mencoba?

Baca juga: Warung Betawi Mpok Kuni: Aduh Enaknye! Sayur Mangga dan Pecak Gabus Bikinan Mpok Kuni


(lus/odi)
FOKUS BERITA Yang Enak di Tangerang
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat