Kalau Mau Jajan Soto yang Gurih Enak di Malang, Mampirlah ke 5 Tempat Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 08 Apr 2018 11:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Selalu ada makanan enak untuk dicicip di Malang. Kalau bosan bakso Malang atau bakso bakar, bisa cicip soto di 5 tempat ini.

Penggemar soto bisa puaskan selera di Malang. Ada banyak penjual soto enak di kota dingin ini. Mau yang isi daging ayam atau daging sapi? Mampir yuk!

1. Soto Rampal

Kalau Mau Jajan Soto yang Gurih Enak di Malang, Mampirlah ke 5 Tempat Ini Foto: tesyablog
Soto rampal berlokasi di Jalan Panglima Sudirman Nomor 71A. Sejak tahun 1957, rumah makan ini menyajikan soto daging berkuah bening. Cita rasa kaldu yang gurih membuat soto daging di sini digemari. Apalagi potongan dagingnya juga empuk, berpadu enak dengan tauge renyah. Untuk teman menyantap soto ada lauk pendamping seperti empal, usus dan babat rawis. Nikmat!

2. Soto Lombok

Kalau Mau Jajan Soto yang Gurih Enak di Malang, Mampirlah ke 5 Tempat Ini Foto: ngalam.co
Di jalan Lombok No.1, ada soto Lombok yang bisa disambangi pencinta soto ayam. Soto diberi isian kentang ukuran besar, irisan ayam kampung, kecambah, seledri dan koya. Tak heran rasa soto jadu gurih segar. Jenis soto ayam buatan soto lombok dikenal sebagai soto kampung khas Malang. Untuk menyantap soto biasanya memakai kerupuk khas yang ada di toples kaca rumah makan.

3. Soto Basket

Kalau Mau Jajan Soto yang Gurih Enak di Malang, Mampirlah ke 5 Tempat Ini Foto: Piring Sendok Malang Raya
Soto daging yang enak di Malang juga bisa ditemui di soto basket. Isian soto di sini potongan daging besar dengan tambahan lauk seperti perkedel, empal daging sapi, tempe goreng, otak sapi goreng hingga babat rawis. Soto basket bisa ditemui di jalan Majapahit. Oh iya, rumah makan ini juga terbilang legendaris lho karena sudah buka sejak tahun 1950. Soto basket jadi menu favorit untuk sarapan.

4. Soto Dok

Kalau Mau Jajan Soto yang Gurih Enak di Malang, Mampirlah ke 5 Tempat Ini Foto: Kuliner Radar Malang
Nggak kalah unik, nama soto di jalan M.T.Haryono ini adalah soto dok. Sang pemilik. H.M. Kholis sudah berjualan lebih dari 30 tahun lalu. Tersedia menu soto daging, soto ayam dan soto ceker di sini. Untuk soto daging, pelengkapnya adalah kecambah. Sedangkan untuk soto ayam ada mi dan kecambah. Lauk pendampingnya ada paru-paru, babat, usus, limpa, dan perkedel kentang.

5. Soto Sawah Ketangi

Kalau Mau Jajan Soto yang Gurih Enak di Malang, Mampirlah ke 5 Tempat Ini Foto: Traveling Yuk
Pencinta daging kambing bisa mampir ke soto sawah ketangi di Desa Ketangi, Tegalgondo. Di sini tersedia soto daging kambing dan jeroan.

Kabarnya daging kambing di soto ini begitu empuk dan lembut, tanpa aroma anyir. Untuk jeroannya ada babat, paru, jantung, lidah, hingga otak kambing. Soto sawah ketangi masih dimasak dengan cara tradisional yaitu memakai tungku kayu bakar. Bonus bersantap di tempat adalah menikmati pemandangan hijaunya sawah yang bikin adem. (dwa/odi)