Jajanan Murah Meriah

Punya Uang Rp 3 Ribu Bisa Jajan Semangkuk Bakso Kerikil yang Sedap

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 06 Apr 2018 06:46 WIB
Foto: Instagram @jogjaeatguide
FOKUS BERITA Jajanan Murah Meriah
Jakarta - Kembali populer, bakso kerikir berukuran kecil namun mengenyangkan. Cukup merogoh kocek Rp 3.000 hingga Rp 5.000, Anda bisa mencicip bakso kerikil yang sedap!

Umumnya, ukuran bakso adalah sebesar bola bekel. Namun, bakso yang satu ini berbeda karena ukurannya sangat kecil yaitu hanya sebesar biji kelereng.

Di Sleman, Yogyakarta ada sebuah warung bakso dengan ukuran kecil yang sering disebut dengan bakso kerikil. Seporsi bakso kerikil berisi 18 butir bakso dengan pelengkap berupa tahu dan diberi taburan daun seledri dan bawang goreng plus siraman kuah kaldu yang gurih.

Punya Uang Rp 3 Ribu Bisa Jajan Semangkuk Bakso Kerikil yang SedapFoto: Instagram @soloculinary

Kalau mau lebih kenyang, semangkukan bakso bisa diberi mie atau ketupat. Salah satu bakso kerikil yang terkenal enak dan harganya murah adalah Warung Bakso Pak Bowo yang beralamat di Jalan Mejing Lor Gamping, Yogyakarta. Buka pukul 11 siang hingga 6 sore, semangkuk baksonya dibandrol dengan harga mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

Baca juga: Nyam! Ini Pentol Kojek yang Kenyal Gurih dan Murah Meriah

Tak hanya di Yogyakarta, Jakarta juga memiliki bakso yang serupa, namanya Pentol Kojek. Dijual dalam gerobak kecil sang penjual membawa panci besar berisi bakso seukuran kerikil atau kelereng lengkap dengan tahu dan kuah bakso.

Punya Uang Rp 3 Ribu Bisa Jajan Semangkuk Bakso Kerikil yang SedapFoto: Dok. detikFood

Seporsi pentol kojek berisi beberapa buah bakso kerikil dan bisa dipadu dengan tahu isi bakso atau tahu bakso dan disajikan dengan bumbu pelengkap berupa taburan bawang goreng dan juga daun seledri. Tiga buah pentol kojek dibandrol dengan harga Rp 1.000. Sedangkan tahu isinya tahu baksonya dibandrol Rp 2.000 per buahnya.

Kalau punya uang Rp 3.000, berarti Anda bisa mendapat 9 butir bakso. Pentol Kojek terletak di wilayah Penggilingan dan mulai buka pukul 4 sore hingga 10 malam. (lus/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Murah Meriah