Keren! Tukang Las Ini Bikin Pisau Daging Karatan Kembali Jadi Mulus Mengilap

Devi Setya - detikFood Rabu, 04 Apr 2018 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bagi seorang koki, pisau adalah barang paling berharga. Seorang tukang las menemukan pisau penuh karat dan mengubahnya jadi pisau yang mulus dan tajam.

Pisau daging ini ditemukan setelah bertahun-tahun tenggelam bersama kapal yang karam. Seorang nelayan menemukan pisau ini dalam keadaan yang mengenaskan.

Seluruh permukaan pisau diselimuti karat dengan bagian yang menebal tak seperti pisau aslinya. Alih-alih membuangnya, seorang tukang las malah memperbaikinya.
Keren! Tukang Las Ini Bikin Pisau Daging Karatan Kembali Jadi Mulus MengilapFoto: Istimewa
Baca juga : Primitive Knife, Pisau Dapur Inspirasi dari Manusia Purba

Dilansir dari Food Beast (3/4) seorang tukang las mencoba mengembalikan pisau ini seperti sediakala.

Aksi tukang las ini kemudian direkam dalam sebuah video yang diunggah lewat akun YouTube Andre Will Do It. Video berdurasi 8 menit ini memperlihatkan setiap langkah perubahan pisau ini.

Pria dalam video ini menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat pisau ini kembali ke bentus aslinya. Ia mengampelas, mengasah, memoles bahkan membuat pegangan kayu pada pisau berukuran besar ini.

Secara telaten, pria ini memoles seluruh permukaan pisau untuk menghilangkan karatnya. Selanjutnya ia mengamplas hingga permukaan mulus. Dilanjutkan dengan mengasah pisau agar jadi tajam saat digunakan.

Prosesnya tak berhenti sampai di situ, ia juga memberikan gagang kayu pada pisau. Terakhir ia mengoleskaan krim yang membuat pisau tampak mengilap dan kinclong.
Keren! Tukang Las Ini Bikin Pisau Daging Karatan Kembali Jadi Mulus MengilapFoto: Istimewa
Baca juga : Ini 4 Jenis Pisau yang Wajib Anda Miliki di Dapur

Melihat ukurannya yang besar, pisau ini diduga dulunya digunakan untuk memotong daging. Jika sebelumnya pisau terlihat bak baraang tak berguna, setelah diperbaiki pisau terlihat seperti barang baru.

Saat sudah mulus, orang tak akan percaya jika pisau ini mungkin saja berusia ratusan tahun dan mengalami perjalanan panjang sebelum akhirnya karam di dalam lautan. Kini pisau kembali bisa digunakan sebagaimana fungsi aslinya.



(dvs/odi)