Yuk, Mancing Sambil Lihat Pemandangan Hijau di 5 Resto Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 01 Apr 2018 12:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Hari terakhir liburan, tak perlu jauh-jauh ke luar kota. Di Tangerang dan Depok, ternyata ada rumah makan unik yang bisa sekaligus jadi tempat memancing. Penasaran?

Kalau kumpul makan bersama keluarga memang tak perlu kafe yang kekinian. Cukup rumah makan yang sediakan pemandangan indah serta saung-saung yang bisa jadi tempat bersantai sambil menikmati makanan tradisional bisa dilakukan sekaligus di sini.

Nasinya disajikan dengan bakul, paling enak dilengkapi dengan aneka lauk ikan goreng hingga ikan bakar yang enak dipadu dengan lalapan plus sambal.

Baca juga: Hilangkan Jenuh dengan Makan Bersama di Restoran Berinterior Alam Ini

1. Rumah Makan Saung Talaga

Yuk, Mancing Sambil Lihat Pemandangan Hijau di 5 Resto Ini!Foto: Depok Karya News

Lokasinya ada di Sawangan, Depok. Dikelilingi oleh danau, Anda bisa dengan santai menikmati makan siang dengan pemandangan alam dan semilir angin yang sejuk. Selain bisa mancing, Anda juga bisa menaiki perahu kecil yang disediakan oleh rumah makan ini.

Menunya sangat rumahan sehingga banyak difavoritkan pengunjung. Salah satu yang bisa Anda coba adalah gurame goreng, ayam goreng, sop iga, pepes tahu, pepes ikan, sayur asem hingga paduan tumis sayuran dan sambal. Pokoknya semuanya a la Sunda-an dan dinikmati sambil duduk lesehan. Mantap!

Rumah Makan Saung Talaga
Jalan Raya Sawangan No. 1
Pancoran MAS, Depok
Telp: 081380165357

2. Lubana Sengkol

Yuk, Mancing Sambil Lihat Pemandangan Hijau di 5 Resto Ini!Foto: Istimewa

Lokasinya ada di Tangerang Selatan, di sini Anda bisa menemukan beragam fasilitas yang disediakan untuk keluarga serta anak-anak. Mulai dari permainan anak, outbond, mancing hingga menikmati makanan enak. Tinggal pilih mau duduk lesehan di kolam ikan apa? Ada ikan mas, gurame, patin hingga monster fish yang berukuran sangat besar.

Pilihan menunya sangat beragam, ada gurame, nila, patin, mas hingga lele yang bisa dipilih ingin diolah dengan bumbu apa. Ada juga sajian kerang hijau saus tiram, asam manis hingga sayur asem dan juga aneka sambal. Semua menu akan disajikan oleh karyawan di atas meja sesuai pesanan Anda.

Kalau mau mancing, sewa saja alat pancing sekaligus umpannya. Anda dan keluarga bisa bersantai sambil makan enak.

Lubana Sengkol
Jl. Baru HK KM. 1,5
Kp. Sengkol, Setu
Tangerang Selatan
Telp: 082113365177

3. RM. Ikan Cere Ibu Tini atau Saung Kartini

Yuk, Mancing Sambil Lihat Pemandangan Hijau di 5 Resto Ini!Foto: Istimewa

Warung ini memang tempatnya agak tersembunyi. Di sini Anda bisa mendapatkan sensasi pedesaan yang sebenarnya mulai dari lokasi yang berada di tengah belantara, ikan yang segar hasil tangkapan dari sungai Cisadane hingga sayuran yang dipetik langsung dari halaman warung ini. Sudah berdiri selama 5 tahun, warung bu Tini ini dikenal dari mulut ke mulut karena tidak ada plang yang menununjukkan letak warung ini.

Di sini cara memesannya unik, Anda cukup katakan jumlah orang, maka pesanan Anda akan datang. Dengan harga satu orangnya Rp 17.000-an Anda akan mendapatkan nasi, ikan, sambal, lalapan dan tahu tempe. Ikannya tak selalu cere, tergantung hasil tangkapan ikan hari itu. Memasak makanannyapun masih dengan kayu bakar. Pokoknya Anda bisa menikmati makanan 'kampung' dengan suasana persawahan asri.

RM. Ikan Cere Ibu Tini atau Saung Kartini
Jl. T.L.S, Kranggan, Setu
Tangerang

4. Pondok Rizki

Yuk, Mancing Sambil Lihat Pemandangan Hijau di 5 Resto Ini!Foto: Pondok Rizki

Tak kalah menarik, rumah makan sederhana bernama Pondok Rizki ini juga bisa jadi pilihan bersantai dengan keluarga. Pepohonan dengan jajaran saung bambu yang dibawahnya terdapat kolam ikan membuat suasananya semakin mengingatkan Anda dengan kampung halaman.

Sambil makan, Anda juga bisa memancing. Menu yang disajikan juga sangat bervariasi. Ada pecak gurame, gurame bakar, sate, gorengan hingga lalapan dan sambal. Nasinya pun disajikan lengkap dengan bakul yang sudah dialasi daun pisang. Bagaimana tertarik untuk mencoba? Oh ya, kalau ke sini pastikan Anda sudah membawa uang tunai ya. Pasalnya rumah makan ini tidak menyediakan layanan kartu debet maupun kredit.

Pondok Rizki
Jl. Lingkar Selatan
Kp. Sengkol
Setu, Tangerang
Telp: (021) 7563235

5. Tirtonadi

Yuk, Mancing Sambil Lihat Pemandangan Hijau di 5 Resto Ini!Foto: Tirtonadi

Masih dengan suasana kampung, Anda bisa mampir ke rumah makan Tirtonadi yang ada di kawasan Tangerang. Saung-saung yang ada di pinggir kolam besar ini bisa jadi pilihan tempat bersantap. Memiliki area yang luas, rumah makan ini juga memiliki tempat bermain dan juga wisata.

Selain di saung, Anda juga bisa mencicip sajian lezat di atas tikar seperti orang piknik lho. Ada gurame, patin, ikan mas hingga mujair yang bisa dimasak dengan cara digoreng, bakar, pepes, sambal tauco, pucung hingga bumbu sate. Kalau ingin lebih hemat, bisa memilih menu paket ber 4 yang terdiri dari ikan, nasi putih 1 bakul, lalapan, sambal hingga teh tawar.

RM. Tirtonadi
Jl. Raya Lekong
Serpong, Tangerang
Telp: (021) 29915961

Baca juga: Yuk, Ajak Keluarga Bersantai dan Makan Enak di 5 Restoran Ini! (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com