Ikan Makarel Bercacing? Masih Ada 5 Olahan Ikan Sarden yang Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 29 Mar 2018 15:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Ikan makarel kalengan tengah jadi sorotan karena mengandung cacing. Padahal masih ada ikan sarden kalengan yang enak diolah dengan beragam bumbu.

Saat mencari makanan praktis, ikan makarel dan ikan sarden kalengan kerap jadi pilihan utama. Tinggal menambahkan sedikit bumbu, ikan makarel berlumur saus tomat siap disantap.

Kalau ikan makarel kalengan ditarik dari peredaran karena mengandung parasit cacing, cobalah konsumsi ikan sarden kalengan. Yang terpenting memilih ikan sarden kalengan berkualitas. Pastikan mereknya terpercaya, tidak melewati tanggal kedaluwarsa dan kemasan kaleng tidak penyok saat dibeli.

Berikut beberapa rekomendasi resep ikan sarden kaleng yang bisa dicoba. Mulai dari goreng renyah hingga ungkep kecap.

Baca Juga: Heboh Ikan Makarel Bercacing, Ini Bedanya Ikan Sarden dan Ikan Makarel

1. Kuah cabai
Ikan sarden kalengan jadi istimewa karena balutan adonan tepung gurih. Dipadukan saus cabai dengan rasa pedas sedikit asam, rasanya makin mantap. Membuatnya mudah, tinggal siapkan ikan sarden kaleng, tepung kanji, bawang putih bubuk dan minyak goreng. Ikuti langkah membuatnya di sini.

2. Rice bowl

Ikan Makarel Bercacing? Masih Ada 5 Olahan Ikan Sarden yang EnakFoto: Istimewa

Rice bowl ala Jepang alias donburi juga enak dipadukan ikan sarden kalengan. Cara membuatnya mudah, tinggal menambahkan bawang putih dan kecap Jepang saat memasak ikan. Selanjutnya susun di atas nasi hangat. Resepnya bisa dicontek di sini.

3. Pasta
Selain rice bowl, ikan sarden kalengan membuat pasta lebih enak. Tak percaya? Anda bisa memasak ikan ini bersama bawang putih dan cabai merah cincang terlebih dahulu. Jangan lupa tambahan bumbu pelengkap agar rasanya makin gurih meresap. Terakhir tinggal dipadukan bersama spaghetti al dente. Yuk, buat dengan melihat resep ini.

4. Crunchy sarden

Ikan Makarel Bercacing? Masih Ada 5 Olahan Ikan Sarden yang EnakFoto: Istimewa

Doyan yang renyah? Resep crunchy sarden dari detikFood bisa jadi inspirasi. Ikan makarel kalengan perlu dilapisi adonan tepung roti sebelum digoreng. Selanjutnya ditambahkan saus tomat berbumbu. Bahan dan cara membuatnya yang lengkap ada di resep ini.

5. Ungkep kecap
Tak melulu saus tomat, ikan sarden kalengan juga enak diungkep bumbu bawang dan kecap. Rasa manis gurihnya tentu puaskan selera. Tambahkan juga tofu agar makin sedap. Resepnya bisa diintip di sini.

Baca Juga: 27 Produk Makarel Ditarik, BPOM: Secara Natural Memang Mengandung Cacing (adr/odi)