Pizza Klasik dan Kekinian

Di Sini Anda Bisa Menikmati Pizza Gaya New York

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 29 Mar 2018 13:00 WIB
Foto: dok. detikFood/Sonia Basoni
Jakarta - Pizza dikenal sebagai makanan khas Italia. Namun banyak variasi pizza yang berkembang di Amerika. Salah satunya, pizza ala New York.

Pizza pertama kali masuk Amerika ketika masa Perang Dunia II. Dibawa oleh tentara Italia, dari sana pizza berkembang jadi makanan yang populer di Amerika. Bahkan hingga kini ada racikan pizza yang jauh berbeda dengan pizza khas Italia.

Pizza gaya New York dikembangkan di kota New York oleh imigran Naples pada awal 1900an. Pizza ini memiliki pinggiran tipis dan renyah. Toppingnya berupa saus Marinara gaya Italia dan keju mozzarella. New York Thin Crust biasanya dilipat saat dimakan.
Di Sini Anda Bisa Menikmati Pizza Gaya New YorkFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni
Baca juga: Super Slice, Potongan Pizza Super Jumbo dari New York

Nah, bagi para penggemar pizza di Jakarta, Anda bisa mencicipi thin crust pizza ala kota Big Apple tersebut.

Di Pizza Place yang terletak di wilayah Kemang, Jakarta Selatan, Anda bisa menikmati gurihnya pizza berbagai topping dengan potongan slice yang lebar dan tipis. Gerainya yang kecil dengan hiasan lampu neon, dan coretan piring kertas putih dari pengunjung seakan menggambarkan kota New York yang sibuk.
Di Sini Anda Bisa Menikmati Pizza Gaya New YorkFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni
"Awalnya Pizza Place sudah ada sejak tahun 2015, di bazaar, festival makanan, hingga pop-up store. Akhirnya di tahun 2017 lalu, kami memutuskan untuk membuka gerai resmi Pizza Place, sehingga penggemar pizza ala New York bisa menikmati pizza kami kapan saja," tutur Zaki selaku salah satu owner sekaligus chef dari Pizza Place kepada detikFood (27/03).
Di Sini Anda Bisa Menikmati Pizza Gaya New YorkFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni
Dalam pembuatan pizza ini, Zaki bersama timnya mendapatkan resep pizza langsung dari salah satu owner Pizza Place yang pernah tinggal di New York, sehingga rasanya mirip seperti pizza di kota New York.

"Yang membedakan pizza khas New York dengan pizza lainnya, pertama tentu dari tekstur roti. Roti pizza tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal, lalu satu slice porsinya besar. Untuk masalah rasa kami juga menyesuaikan dengan selera orang Indonesia, seperti saus tomat yang tidak berlebihan, dibuat lebih gurih, dan tentunya kami masukan rasa pedas," jelas Zaki ketika ditemui di gerai Pizza Place.
Di Sini Anda Bisa Menikmati Pizza Gaya New YorkFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni

Di sini tersedia ragam pilihan saus untuk menyesuaikan selera pembeli yang kebanyakan suka rasa pedas. Ada hot honey, chily oil, dan chily pickle, lengkap dengan Italian Herb seperti pesto dan oregano untuk memperkaya rasa.

"Untuk menu, kami ada lebih dari 9 varian topping pizza. Salah satunya ada Ricotta White Pizza, menu yang paling laris karena kami menggabungkan keju mozzarella dan keju ricotta, ada juga sicilian square dengan tekstur pizza lebih tebal, dan ada classic cheese, menu klasik keju dan pizza yang digemari banyak orang," tambah Zaki.
Di Sini Anda Bisa Menikmati Pizza Gaya New YorkFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni
Selain tiga menu di atas, banyak menu lain yang tak kalah enak. Seperti Anchovies Pizza, Peperoni Slice, Jalapeno Pizza yang cocok bagi Anda penggemar pedas, ada Mushroom Pizza.

"Kami mengusung konsep 'Grab to Go', di mana kebanyakan pengunjung memesan pizza take away, sama seperti di New York. Di New York sendiri, orang-orang sana lebih suka makan pizza per-slice, tapi di Pizza Place bisa membeli per-slice, atau per loyang.
Di Sini Anda Bisa Menikmati Pizza Gaya New YorkFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni
Untuk masalah harga, satu slice besar aneka pizza ala New York ini masih cukup terjangkau. Satu slice dihargai mulai dari Rp. 30,000 saja, dan satu pan pizza berukuran besar dibanderol Rp. 228,000 saja.

"Setiap harinya kita bisa menjual lebih dari 40 loyang pizza, dan lebih dari 80 loyang pizza di weekend dan hari libur." pungkas Zaki disela-sela kesibukannya membuat pizza. Tertarik mencoba?

Baca Juga: Pizza Gaya Chicago dan New York, Pizza Populer di Amerika


(sob/odi)