Sekarang Bukan Alpukat, Tetapi Nanas yang Laris Manis di Inggris

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 28 Mar 2018 10:05 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Inggris - Alpukat tadinya jadi buah yang paling laku di Inggris. Tapi kini posisi alpukat digantikan nanas yang asam segar. Kenapa ya?

Mau dijadikan olesan roti panggang, dicocol cokelat atau bahkan dijadikan tempat menaruh cincin lamaran, alpukat jadi buah terpopuler di Inggris. Tapi kini buah yang tinggi lemak sehat ini mendapat saingan baru.

Dikutip dari Independent (27/3), adalah nanas yang menggeser posisi alpukat sebagai buah dengan penjualan paling cepat. Menurut supermarket Tesco, penjualan nanas naik hingga 15% di tahun 2017. Sementara penjualan alpukat hanya mencapai di bawah 10% tahun lalu.

Sekarang Bukan Alpukat, Tetapi Nanas yang Laris Manis di InggrisFoto: iStock

Baca Juga: Ini Trik Jitu Agar Lidah Tak Lagi Gatal Usai Makan Nanas

Pihak supermarket menilai sifat nanas yang mudah diolah jadi alasan mengapa warga Inggris memilih buah asam segar ini. Nanas bisa diolah bersama kari, dijadikan BBQ, di-jus hingga dibuat cocktail.

Selain nanas utuh, rupanya penjualan pizza bertopping nanas juga naik hingga 15%. Sedangkan penjualan jus nanas naik 20% dan potongan nanas naik 5%.

Mengomentari tren ini, pembeli nanas segar di Tesco, Morgan Jaquemet mengatakan, "Nanas telah jadi buah kekinian dan bisa segera menyaingi alpukat sebagai buah yang mendapat popularitas mainstream."

Tesco pun kini memperkenalkan variasi nanas yang lebih beragam di gerainya. Termasuk nanas kupas yang sudah dipotong-potong sehingga lebih mudah dinikmati.

Tingginya permintaan nanas ini juga mempengaruhi produksi nanas di Costa Rica yang memang menyuplai pasokan nanas di Eropa dan Amerika Serikat. Dalam dua tahun terakhir, produksi nanas di sana meningkat hampir 10%.

Sekarang Bukan Alpukat, Tetapi Nanas yang Laris Manis di InggrisFoto: iStock

Dilihat dari kandungan nutrisinya, dalam 100 gram nanas mengandung 50 kalori, 0,1 gram lemak total, 13 gram karbohidrat dan 0,5 gram protein. Nanas unggul dalam kandungan vitamin C-nya yang mencapai 79% per 100 gram.

Sementara 100 gram alpukat mengandung 160 kalori, 15 gram lemak total, 9 gram karbohidrat dan 2 gram protein. Yang paling menonjol dari buah lembut ini adalah kandungan lemak sehat atau lemak tak jenuh tunggalnya yang mencapai 10 gram dalam tiap 100 gram alpukat.

Baca Juga: Nanas Kini Jadi Pilihan Trendi Pengganti Cemara untuk Pohon Natal

(adr/odi)