Pizza Klasik dan Kekinian

Ini 10 Pizza Asli Italia yang Terkenal Gurih Alami Rasanya

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 27 Mar 2018 14:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pizza Italia punya kulit yang tipis renyah dan menggembung jika dipanggang. Toppingnya juga sederhana sehingga menonjol rasa alaminya.

Sebagai salah satu makanan paling populer di dunia pizza punya banyak variasi. Berbagai resep pizza telah dimodifikasi oleh berbagai negara untuk menyesuaikan selera lokal.

Terutama pemakai bahan topping, seperti buah nanas, bacon, hingga permen. Sedangkan topping peperoni, sosis, dan daging tidak dikenal pada pizza asli Italia.

Topping pizza Italia cukup sederhana, umumnya hanya berisi tomat, keju, minyak zaitun, oregano dan basil. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 topping pizza klasik khas Italia.

1. Margherita

Ini 10 Pizza Asli Italia yang Terkenal Gurih Alami RasanyaFoto: iStock
Pizza klasik ini dibuat pada tahun 1899 oleh seorang chef asal Italia, Raffaele Esposito. Pizza margherita dibuat untuk menghormati Ratu Italia, Margherita. Topping pizza ini cukup sederhana, hanya berisi olesan saus tomat, keju mozzarella, dan daun basil yang dicincang.

2. Neapolitan

Pizza ini merupakan salah satu jenis pizza pertama yang diciptakan. Berasal dari kota Napoli, pizza neapolitan merupakan makanan untuk warga miskin di sana. Biasanya dijual di pasar atau di jalanan. Toppingnya hanya berisi ikan kecil atau anchovy, keju mozzarella dan tomat.

Baca Juga: Begini Cara yang Benar Makan Pizza Neapolitan!

3. Marinara

Salah satu jenis pizza tradisional versi neapolitan pizza. Sama-sama menggunakan anchovy sebagai topping. Tapi marinara tidak menggunakan tomat, melainkan menggantinya dengan bawang putih, dan oregano.

4. Quattro stagioni
Ini 10 Pizza Asli Italia yang Terkenal Gurih Alami RasanyaFoto: iStock
Pizza ini menggunakan bahan dasar tomat dan dibagi menjadi empat bagian yang mewakili empat musim sepanjang tahun. Bahan yang digunakan biasanya artichoke, tumbuhan yang ditanam sebagai makanan dan zaitun untuk melambangkan musim semi.

Lalu diracik dengan cabai untuk mewakili musim panas, mozzarella serta tomat untuk melambangkan musim gugur, dan telur rebus dan jamur untuk musim dingin.

5. Focaccia

Memiliki tekstur roti yang sedikit tebal, focaccia merupakan pizza yang sudah ada sejak berabad silam. Dibuat tanpa menggunakan keju atau tomat, dan hanya dibumbui bawang yang ditumis, minyak zaitun, dan berbagai topping gurih.

6. Capricciosa

Ini 10 Pizza Asli Italia yang Terkenal Gurih Alami RasanyaFoto: iStock
Pizza capricciosa dilapisi dengan keju mozzarella segar, tomat, jamur kancing, artichoke, dan zaitun. Pinggiran pizza dibuat sangat tipis sehingga rasanya renyah, dan gurih apalagi jika dipadukan dengan saus tomat yang asam segar dan irisan jamur yang kenyal.

7. Sicilia

Ini 10 Pizza Asli Italia yang Terkenal Gurih Alami RasanyaFoto: iStock
Di Italia, pizza sicilia merupakan jenis pizza yang sangat populer. Dengan pinggiran roti yang tebal, pizza ini digemari banyak orang karena rasanya yang enak dan mengenyangkan. Toppingnya juga dikenal beragam, mulai dari kacang, telur rebus, seafood, sampai zaitun hijau.

8. Pugliese

Merupakan salah satu jenis pizza autentik khas Italia yang belum banyak orang tahu. Terbuat dari zaitun yang dipetik langsung dari wilayah Puglia. Dihindangkan dengan bawang, keju mozzarella dan saus tomat.

9. Al taglio
Pizza ini dikenal juga dengan sebutan pizza rustica. Biasanya ditemukan hampir di seluruh wilayah Italia. Umumnya dijual dengan artichoke, bawang, atau irisan jamur.

10. Ai quattro formagi

Pizza ini dibuat menggunakan empat kombinasi jenis keju yang berbeda. Gabungan dari keju mozzarella, dan tiga keju lokal khas Italia seperti parmesan atau parmiiano-reggiano, ricotta, dan gorgonzola. Rasanya gurih, cocok untuk penggemar keju.

Baca Juga: Lahir di Napoli Kini Pizza Dikenal di Seluruh Penjuru Dunia
(dwa/odi)