Pizza Klasik dan Kekinian

Lahir di Napoli Kini Pizza Dikenal di Seluruh Penjuru Dunia

Sonia Basoni - detikFood Senin, 26 Mar 2018 14:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Adonan tipis berbentuk bundar diberi aneka topping dikenal pertama kali oleh orang Napoli. Kini ribuan varian pizza dikenal di berbagai negara termasuk Indonesia.

Pada abad ke 16.pizza pertama kali dibuat di kota Napoli, wilayah Italia Selatan. Pada waktu itu pizza merupakan makanan para warga miskin, umumnya dijual di jalanan atau pasar dengan resep sederhana.

Pizza terbuat dari adonan tepung terigu yang dipipihkan dan dipanggang dalam oven atau tungku api selama beberapa menit hingga adonan pizza mekar dan matang.
Lahir di Napoli Kini Pizza Dikenal di Seluruh Penjuru DuniaFoto: iStock
Awalnya pizza hanya dilapisi saus putih, yang kemudian dimodifikasi dengan minyak, keju, tomat, atau ikan. Sejak tahun 1843, pizza semakin digemari banyak orang Italia. Puncaknya di tahun 1889, ketika Raffaele Esposito seorang chef asal Italia menciptakan Pizza Margherita. Pizza dengan olesan saus tomat, keju mozzarella, dan daun
basilcincang. Dibuat untuk menghormati Ratu Italia, Margherita.

Kemudian dikenal pizza autentik asal Italia, neapolitan pizza yang dibuat dari tomat dan keju mozarella. Ada juga pizza marinara yang diracik dari tomat, bawang putih, oregano, dan minyak zaitun. Lalu ada quattro stagioni, pizza klasik yang menggunakan bahan dasar tomat, jamur, telur dan mozarella.

Terhitung ada lebih dari 20 varian pizza klasik asal Italia. Cita rasa pizza yang lezat dan gurih membuat makanan ini digemari oleh semua orang, hingga penyebarannya begitu cepat terutama ke benua Amerika. Orang Amerika kemudian membuat kreasi pizza sendiri.

Baca Juga: Mengenal Ciri Pizza Asli Italia, Bukan yang Bergaya Amerika

Umumnya, pizza Italia menggunakan saus tomat dan mozzarella, namun ada pula yang hanya mozarella. Satu hal yang pasti, pizza autentik Italia memiliki roti yang tipis, baik yang bertekstur kenyal atau renyah. Roti yang tebal biasanya dipakai untuk makanan bernama foccacia.
Lahir di Napoli Kini Pizza Dikenal di Seluruh Penjuru DuniaFoto: iStock
Sementara pizza Amerika memiliki perbedaan rasa dan tekstur, karena menyesuaikan dengan lidah orang Amerika. Ini dapat dilihat dari perbedaan saus, daging, tekstur roti, hingga varian yang lebih beragam seperti menggabungkan nanas, bacon, hingga sosis.

Tidak hanya di Amerika, pizza juga populer di negara Asia termasuk Indonesia. Pizza pertama kali masuk Indonesia pada tahun 1980-an. Saat itu gerai pizza yang masuk adalah pizza dari Amerika bukan Italia.
Lahir di Napoli Kini Pizza Dikenal di Seluruh Penjuru DuniaFoto: iStock
Sama seperti di Amerika, pizza di Indonesia pun mengalami penyesuaian dan modifikasi agar lebih dekat dengan lidah dan selera orang Indonesia. Salah satunya dengan menciptakan varian pizza menggunakan makanan khas Indonesia, seperti pizza balado, pizza rendang, pizza sate, dan pizza sambal matah.

Di Jakarta dan sekitarnya juga banyak resto yang menyajikan pizza unik dan beragam. Ada pizza jumbo berukuran seperti layar tv hingga tempat pizza ala New York yang cocok buat tempat nongkrong.

Pada ulasan kali ini, detikFood akan membahas pizza yang kini tetap populer. Baik pizza autentik khas Italia, hingga pizza dengan topping masa kini. Ikuti terus ulasannya di detikfood!

Baca Juga: Karakter Anda Bisa Terbaca dari 6 Cara Makan Pizza Ini (sob/odi)