Manis Segar Es Campur

Wajib! Cicip Es yang Legendaris di 4 Warung di Kota Malang Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 25 Mar 2018 14:00 WIB
Foto: Istimewa/Resep Indonesia Foto: Istimewa/Resep Indonesia
FOKUS BERITA Manis Segar Es Campur
Jakarta - Malang jadi surganya kuliner enak. Bahkan ada warung es legendaris dan sudah terbukti kelezatannya sejak dulu. Ada es santan ketan hitam hingga es teler durian.

Selain Jogja, Malang juga jadi salah satu destinasi favorit para wisatawan lokal. Nah, kalau ke sini sebaiknya jangan lupakan ragam kuliner yang melegenda. Sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, penjual es ini masih eksis hingga sekarang. Bahkan justru pelanggannya bertambah dari luar daerah jika musim liburan tiba.

Berikut ini beberapa warung es enak di Malang yang legendaris dan wajib Anda coba.

Baca juga: Yuk, Coba 7 Tempat Makan Legendaris di Malang Ini yang Bikin Kangen!

1. Es Krim Toko Oen
Wajib! Cicip Es yang Legendaris di 4 Warung di Kota Malang Ini!Foto: Istimewa/Panduan Wisata Surabaya
Berada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat No. 5, Toko Oen terletak tak jauh dari Alun-alun kota Malang. Desain interior bangunan dan bagian dalam toko ini masih jadul dan klasik. Para pelayan juga menganakan busana tempo dulu yaitu baju safari putih dan kopiah untuk pelayan pria dan wanitanya memakai gaun selutut.

Toko Oen menjadi salah satu yang legendaris di Malang karena sudah ada sejak tahun 1930. Es krim di sini memang teksturnya tak terlalu lembut hampir sama dengan gaya dulu namun rasanya sangat nikmat dan terasa autentik.

Pertama kali didirikan, Toko Oen memang menjadi tempat sosialita kaum bangsawan dan para meneer. Selain menyajikan es krim sebagai menu utama, ada juga menu makanan dan minuman ala barat, oriental dan Indonesia.

Toko Oen juga memberikan pelayanan one stop service dengan beragam pilihan menu mulai dari appetizer, main course, dan tentunya es krim sebagai dessert. Sebagai kuliner yang sarat nilai historis, Toko Oen menjadi salah satu destinasi wajib jika berkunjung ke kota Malang.

2. Es Santan Ketan Hitam Tanimbar
Wajib! Cicip Es yang Legendaris di 4 Warung di Kota Malang Ini!Foto: Istimewa/Ngalam.co
Ke Malang, jangan sampai melewatkan kulinernya. Selain makanan berat, sajian esnya juga patut dicoba. Es Santan Ketan Hitam Tanimbar menjadi salah satu minuman legendaris. Namun hingga kini masih banyak orang yang menyukainya.

Es ini bisa ditemukan di Jalan Tanimbar depan SMK Negeri 4 Malang (Grafika). Tak menggunakan es batu biasa, namun digantikan dengan air santan yang dibekukan sehingga rasa esnya terasa gurih khas santan.

Selain itu, ada juga beberapa isian seperti ketan hitam, dawet berwarna merah dan sirup. Beberapa penjual juga ada yang menambahkannya dengan satu lembar roti yang diatasnya diberi sirup merah. Segelas es ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 5.000-an.

3. Es Tawon Kidul Dalem
Wajib! Cicip Es yang Legendaris di 4 Warung di Kota Malang Ini!Foto: Istimewa/Ngalam.co
Es Tawon Kidul Dalem ini terletak di Jalan K.H. Zainul Arifin. Nama tawon bukan berarti es ini menggunakan sesuatu dari lebah, akan tetapi namanya didapatkan dari kawanan lebah yang berkumpul di bangunan sebelah gerai es ini.

Terbilang legendaris, es ini sudah ada sejak tahun 1955. Es tawon sendiri terdiri dari cincau, cendol, tapai, kacang hijau dan buah melon. Berkat isiannya, sajian es ini terlihat warna-warni dengan paduan es serut yang dingin segar.

Minuman ini sangat pas dinikmati saat cuaca sedang panas. Gerai ini buka sejak pukul 07.30 hingga 15.00. Mau coba?

4. Es Teler Dempo No. 7
Wajib! Cicip Es yang Legendaris di 4 Warung di Kota Malang Ini!Foto: Istimewa/Ngalam.co
Pecinta durian? Wajib nih datang ke sini! Es teler ini jadi salah satu yang legendaris di Malang karena sudah berdiri sejak tahun 1978. Tak seperti es teler di Jakarta, di sini es telernya disajikan dengan campuran durian.

Warung es ini berada di Jalan Gede, Kota Malang. Seporsi es teler ini disajikan dengan empat biji durian yang dicampur dengan alpukat, nangka, degan, gula alamo dan susu kental manis. Meskipun dipegang oleh generasi kedua yaitu Sri Wahyuni, namun citarasa es ini tetaplah sama.

Tak hanya menyajikan es teler bercitarasa durian, warung ini juga menjual jenis es lain seperti es buah, es degan, es campur, es kacang ijo, es durian hingga es moca.

Baca juga: Ke Kota Malang, Jangan Lupa Mampir ke Warung Legendaris Ini! (dvs/odi)
FOKUS BERITA Manis Segar Es Campur