Ekspedisi Langit Nusantara

Ke Kota Malang, Jangan Lupa Mampir ke Warung Legendaris Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 08 Mei 2016 13:50 WIB
Foto: detikFood / Kuliner Malang
Jakarta - Menikmati kuliner enak bisa Anda lakukan di kota Malang. Selain wisata alamnya yang indah, ada aneka nasi, ketan hingga ronde yang legendaris.

Sambil berjalan-jalan, Anda juga bisa mampir untuk mencicip kuliner di Malang. Jika siang hari lapar, Anda bisa mencicip aneka bakso bakar enak. Tapi di sore hingga malam hari, Anda juga bisa jajan sambil bersantai dengan mampir ke pos ketan hingga ronde yang sudah ada sejak tahun 60-an.

1. Sego Resek
Dalam bahasa Jawa, 'resek' memiliki arti 'sampah'. Dinamakan sampah, karena konon warung ini berada dekat tempat pembuangan sampah. Warung milik pak Tukiman ini sudah berdiri sejak tahun 1959. Sego resek ini merupakan nasi yang digoreng dengan bumbu dan dicampur dengan beberapa potongan lauk seperti ayam, tempe, ati ampela hingga aneka lauk lainnya.

Nasi dan aneka lauknya dimasak dengan arang api sehingga menghasilkan aroma yang berbeda. Tempatnya sederhana dengan bakul yang berisi nasi dan lauk dengan jajaran meja dan kursi untuk tempat makan pengunjung.

Sego Resek
Jl. Brigjend Katamso
Klojen, Kota Malang



2. Pos Ketan Legenda Batu
Tak lengkap rasanya kalau ke Malang tak berkunjung untuk makan ketan di sini. Berdiri sejak tahun 1967, tempat ini selalu ramai. Ada sekitar 12 varian rasa ketan yang ada di warung ini. Mulai dari ketan ayam pedas, ketan campur, ketan keju susu hingga ketan durian.

Warung ketan ini sudah mulai buka sejak pukul 4 sore hingga jam 3 pagi. Jangan lupa santap ketan dengan jahe susu yang hangat.

Pos Ketan Legenda-1967
Jl. Kartini No. 6
Batu, Malang



3. Angsle dan Ronde Titoni
Kota Malang di malam hari agaknya berbeda dengan di Jakarta. Di Malang, udaranya cenderung dingin sehingga banyak orang yang butuh aneka minuman hangat.

Salah satu yang wajib Anda coba adalah Ronde Titoni. Warung ronde ini sudah berdiri sejak tahun 1948. Berada dekat alun-alun Malang, Anda bisa menikmati semangkuk wedang ronde basah, wedang ronde kering, kacang kua hingga angsle.

Angsle dan Ronde Titoni
Jl. Zainal Arifin No. 17
Malang
Telp: (0341) 808292

4. Bakso Bakar Pak Man
Ada banyak tempat bakso enak di Malang. Tapi ada salah satu warung bakso yang sudah populer sejak tahun 1955. Warung bakso ini dimiliki oleh Pak Man yang konon disebut sebagai pencetus bakso bakar pertama di kota Malang ini. Di sini tingkat kepedasan baksonya bisa dipilih. Porsinya mulai 10 butir, 15 butir dan 20 hingga 25 butir. Baksonya empuk gurih dengan aroma bakar dan semakin enak diberi bumbu kecap. Sedap!

Bakso Bakar Pak Man
Jl. Dipenogoro No. 19
Malang
Telp: 0818 388 193

Kalau Anda sedang berada di Malang dan ingin mencicip kuliner legendarisnya. Anda bisa datang ke salah satu warung makan ini, seperti sego resek yang berada di jalan Brigjend Katamso. Yuk, mampir dengan cek lokasinya dengan google maps plus bantuan jaringan tercepat.



"Ayo ikutiĀ Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia". (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com