Mulia! Wanita Ini Tukar Tas Hermes Rp 142 Juta untuk Bantu Makan Orang Miskin

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 23 Mar 2018 12:40 WIB
Foto: Istimewa
Singapura - Seorang wanita di Singapura lakukan aksi mulia. Ia merelakan tas Hermes miliknya seharga sekitar Rp 142 juta untuk ditukar kupon belanja makanan bagi orang miskin.

Wanita bernama Pan Fion itu menuliskan kisahnya di Facebook awal bulan ini. Fion melakukan ini untuk membantu badan amal lokal National Trades Union Congress (NTUC) yang ingin berbagi pada keluarga miskin.

Dikabarkan Next Shark (20/3), Fion adalah pendiri komunitas Keeping Hope Alive. Ia mendedikasikan hidupnya untuk membantu warga Singapura yang kurang mampu. Fion rajin melakukan kunjungan dari rumah ke rumah keluarga yang tinggal di flat sewaan untuk memahami permasalahan mereka.

Setelah beberapa minggu melakukan kunjungan, Fion jadi tahu kebutuhan utama mereka. "Terkadang hal ini sangat sulit. Orang-orang mendonasikan pasta gigi dan sikat gigi untuk lansia yang tidak punya gigi, atau makanan kalengan untuk keluarga yang tidak punya pembuka kaleng," ujar Fion.

Mulia! Wanita Ini Tukar Tas Hermes Rp 142 Juta untuk Bantu Makan Orang MiskinFoto: Istimewa

Baca Juga: Manfaatkan Makanan Sisa, Pengusaha Ini Beri Makan 4.279 Tuna Wisma

Ia lalu sering mengajak keluarga tak mampu di Singapura untuk belanja ke supermarket. Dengan begini ia bisa mengidentifikasi kebutuhan mereka dan bisa membantunya lebih.

Selain menyediakan bahan makanan dan kebutuhan lain untuk para orang miskin, komunitas yang dipimpinnya juga merawat orang tua sakit yang hidup sendiri.

"Bahkan untuk barang seperti mie instan, beberapa keluarga terlalu miskin untuk untuk membayar tagihan listrik mereka. Tanpa gas, atau air, bagaimana Anda bisa mengharapkan mereka memasak?," tanya Fion.

Menurut Fion, ia merelakan tas berharga dengan merek Hermes miliknya seharga SGD 13.600 atau sekitar Rp 142 juta, sebagai imbalan voucher makanan (food stamp) untuk memberi hadiah pada orang yang bersedia membantu.

"Ini tidak sepenuhnya imbalan," jelasnya. Menurutnya, "Saya pikir kita semua ingin berbuat baik, tapi terkadang ada orang-orang yang tidak dapat menahan perasaan bahwa mereka tidak menerima apapun bahkan jika mereka menawarkan bantuan pada orang lain."

Mulia! Wanita Ini Tukar Tas Hermes Rp 142 Juta untuk Bantu Makan Orang MiskinFoto: Istimewa

Fion melanjutkan, "Itu sebabnya saya ingin memberikan tas karena saya mengerti bahwa itu tidak mudah. Itu karena saya ingin memberi hadiah pada orang-orang yang ingin berbuat baik."

Tak lama berselang, Fion mengunggah foto baru di Facebook. Ia mengungkap bahwa ada orang baik hati telah menanggapi unggahannya. Ia mendonasikan USD 11.000 (Rp 151 juta) tanpa mengambil tas Hermes milik Fion.

"Ini benar-benar berkah. Hal ini mengenali kemampuan Anda sendiri dan mampu berbuat baik dengan itu. Itu yang ingin saya dorong," pungkas Fion.

Baca Juga: Miris! Kulkas Berisi Donasi Makanan untuk Tunawisma Malah Dikuras Isinya (adr/odi)