Iseng Taruh GoPro di Conveyor Belt, YouTuber Ini Dituntut Resto Sushi

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 22 Mar 2018 13:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Awalnya, video yang berisi aktifitas pelanggan sushi ini mendapat pujian. Namun, resto ini ternyata tak suka dan akhirnya menuntut sang pembuat video.

Awal Maret, YouTuber asing TkyoSam dan sahabatnya sedang makan di Sushiro. Ini adalah gerai sushi paling populer di Jepang. Entah di buat terencana atau tidak, TkyoSam menempatkan GoPro-nya di conveyor belt sehingga terekamlah momen-momen orang menikmati makanan melalui kamera kecil ini.

Setelah menangkap video pasangan berkencan dan sekelompok teman, kamera tersebut diambil oleh seorang pegawai restoran lalu dibawa ke dapur. Untungnya kamera ini berhasil kembali ke TkyoSam yang kemudian mengupload video ke YouTube dan menjadi viral.

Iseng Taruh GoPro di Conveyor Belt, YouTuber Ini Dituntut Resto SushiFoto: Istimewa

Namun karena viralnya video tersebut, Sushiro sendiri tampaknya berfikir itu dapat "membahayakan" bisnisnya dan kini mempertimbangkan untuk menuntut TkyoSam atau siapapun yang meniru cara mengambil video tersebut.

Dalam pernyataan di situsnya, Akindo Sushiro, perusahaan yang mengelola rantai Sushiro mengatakan: "Telah menjadi perhatian kami bahwa pelanggan di salah satu restoran kami baru-baru ini menempatkan kamera portable di conveyor belt, merekam bagian dalam restoran dan mengunggah video ke sosial media. Rekaman itu tidak diizinkan oleh perusahaan kami," tulisnya.

Iseng Taruh GoPro di Conveyor Belt, YouTuber Ini Dituntut Resto SushiFoto: Istimewa

Ia juga menuliskan bahwa, video yang sudah terlanjur menyebar luas kami minta maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh insiden tersebut. Conveyor belt di restoran tersebut sudah dibersihkan dengan desinfektan secara menyeluruh.

Baca juga: Pria Ini Iseng Taruh GoPro di Conveyor Belt Resto Sushi, Hasilnya Keren Banget!

"Tindakan pelanggan tidak dapat ditoleransi dari sudut pandang kebersihan dan dalam hal melindungi privasi pelanggan lain. Dan kami saat ini sedang berkonsultasi dengan otoritas polisi setempat tentang insiden tersebut. Untuk memastikan bahwa hal semacam ini tidak terjadi lagi, kami akan menginstruksikan staf restoran kami untuk memperhatikan tindakan tersebut dan akan menindaklanjuti secara ketat ketat, pengunggah video di masa yang akan datang dan akan mempertimbangkan tindakan hukum," tulis Akinda Sushiro.

Secara umum, Jepang sangat memperhatikan kebersihan dan undang-undang privasi negara ini juga jauh lebih ketat dibandingkan negara lain. Sementara pengunjung yang terlihat dalam video TkyoSam melambai dan tersenyum untuk kamera, beberapa orang juga tampak bingung atau kaget dengan tiba-tiba ada kamera yang mengarah ke mereka.

Di zaman media sosial, banyak restoran Jepang yang diambil gambarnya oleh fotografer untuk mengambil foto makanannya. Tapi tampaknya reaksi Akindo Sushiro tampak terlalu tegang. Dan kini, video TkyoSam telah dihapus dari YouTube. (lus/odi)