Manis Segar Es Campur

Lembut Kenyal Es Cincau Hijau dan Cincau Hitam yang Kaya Manfaat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 22 Mar 2018 12:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Manis Segar Es Campur
Jakarta - Es cincau tergolong es campur yang minimalis bahannya, tapi nikmat rasanya. Lembaran cincau berpadu sirup santan. Segar!

Cincau konon berasal dari dialek Hokkian, sienchau. Karena lidah orang Indonesia sulit menyebutnya, terciptalah kata 'slang' cincau yang lebih mudah dilafalkan dan diingat.
Lembut Kenyal Es Cincau Hijau dan Cincau Hitam yang Kaya ManfaatFoto: dok. detikFood

Cincau hijau berasal dari tumbuhan Cylea barbata Myers. Dalam pembuatannya, daun cincau diremas-remas dengan air bersih dan kemudian disaring.

Setelah didiamkan beberapa saat, cairan cincau mengental membentuk gel dengan tekstur kenyal dan keras. Ini karena daun cincau mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul air.

Baca Juga: Haus Seusai Belanja? Mampir Jajan Es Cincau Hijau dan Es Cendol Dulu
Lembut Kenyal Es Cincau Hijau dan Cincau Hitam yang Kaya ManfaatFoto: dok. detikFood

Cincau hijau umum dijual dan dinikmati dengan campuran sirup gula merah, sirup merah, santan dan es batu. Rasanya manis menyegarkan dengan khasiat menyehatkan pencernaan dan mencegah panas dalam.

Kini es cincau hijau masih umum dijajakan penjual dengan gerobak. Biasanya mereka mangkal di suatu tempat atau berkeliling ke pemukiman.

Sementara itu, cincau hitam berasal dari tanaman Mesona palutris atau dikenal dengan daun janggelan di Indonesia. Proses pembuatan cincau hitam mirip cincau hijau.
Lembut Kenyal Es Cincau Hijau dan Cincau Hitam yang Kaya ManfaatFoto: dok. detikFood/Istimewa
Cincau hitam popular dijadikan bahan pembuatan dessert di Asia. Salah satunya es campur khas Taiwan yang memadukan cincau hitam dengan bola-bola bubble, kacang merah, serta talas dan ubi kuning yang dibentuk dadu dan blok.
Lembut Kenyal Es Cincau Hijau dan Cincau Hitam yang Kaya ManfaatFoto: dok. detikFood

Sementara di Indonesia, selain dijadikan campuran es buah atau diminum bersama santan dan gula merah, cincau hitam juga dikreasikan dengan cappuccino. Nama minuman Cappuccino Cincau ini popular beberapa waktu lalu.

Cincau hitam yang tinggi serat punya banyak manfaat. Diantaranya mengatasi panas dalam, mual, diare, batuk, gangguan pencernaan, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Cincau Hitam, Si Kenyal Kaya Serat yang Menyegarkan (sob/odi)
FOKUS BERITA Manis Segar Es Campur