Ini 7 Racikan Kopi Berbasis Espresso yang Populer di Kafe-kafe

Sonia Basoni - detikFood Senin, 19 Mar 2018 13:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Espresso merupakan basis dari beragam sajian kopi populer. Seperti cappuccino, machiatto atau americano. Pencinta kopi perlu mengenali agar bisa memesan dengan tepat.

Saat berada di coffee shop, selain espresso ada beragam minuman kopi lain yang ditawarkan. Hampir semuanya memakai basis espresso sebagai campurannya. Dirangkum dari Organik Authority (18/03), berikut jenis-jenis minuman kopi yang diracik dari espresso.

Baca Juga: Ini 10 Panduan Minum Espresso untuk Peminum Kopi Pemula


1. Espresso
Ini 7 Racikan Kopi Bebasis Espresso yang Populer di Kafe-kafeFoto: iStock
Pada dasarnya espresso merupakan kopi pekat yang disajikan dalam ukuran 30 ml yang disebut 1 shot. Espresso dibuat melalui proses kopi disemprot air panas melalui mesin. Hasilnya berupa cairan gelap dengan crema serta buih gelembung udara yang terbentuk dari tekanan minyak dalam biji kopi.

Semakin tebal crema, maka semakin tinggi kualitas biji kopi. Espresso disajikan dalam gelas kecil (demitasse) ukuran 118ml, minuman ini memiliki rasa pekat dan cenderung pahit.


2. Americano

Jika Anda ingin mencicipi espresso sambil menghirup aromanya, Anda bisa memesan americano. Minuman ini merupakan campuran dari 1 shot espresso dan air panas, biasanya disajikan dalam cangkir berukuran untuk 178 ml. Rasa espresso masih kuat dan pahit, namun sedikit diencerkan dengan air. Jika rasanya kurang pekat, Anda bisa memesan doppio yang memakai 2 shot espresso.


3. Macchiato
Ini 7 Racikan Kopi Bebasis Espresso yang Populer di Kafe-kafeFoto: iStock
Nah, bagi Anda yang tidak suka rasa pahit, machhiato bisa jadi pilihan. Rasanya masih pekat. Untuk mengurangi rasa espresso yang sangat kuat ditambahkan campuran steamed milk atau susu panas. Macchiato juga diasajikan menggunakan demitasse. Kebanyakan kafe besar seperti Starbucks menyajikan macchiato dengan takaran susu yang banyak, sehingga rasanya cendrung manis. Untuk menikmati secangkir macchiato dengan rasa yang pas, pastikan Anda meminta barista untuk mengurangi takaran susu dan tanpa pemanis.


4. Cortado

Berasal dari Spanyol, cortado mirip dengan cafe au lait, tapi lebih kecil dan lebih pekat. Minuman ini dibuat dengan campuran espresso dan steamed milk tanpa busa dalam jumlah sama. Susu berfungsi untuk mengurangi kepahitan dan keasaman espresso tanpa mengurangi dorongan kafein dalam minuman yang relatif kecil ini, sekitar 118 ml per cangkir.


5. Cappuccino

Cappucino merupakan salah satu jenis minuman kopi yang paling populer. Cappuccino diracik dengan espresso dan steamed milk. Kebanyakan cappucino disajikan dalam porsi yang besar, padahal sebenarnya takaran sajian cappucino hanya sekitar 88 ml - 177 ml tergantung dengan espresso yang digunakan.

Untuk membuat minuman ini barista menggunakan rasio 1:1 antara espresso dan steamed milk, tapi kebanyakan kafe-kafe besar meningkatkan takaran susu agar rasanya jadi lebih manis. Pastikan bahwa cappucino Anda memiliki takaran yang pas agar rasa cappuccino tetap autentik.


6. Flat white

Banyak yang bingung dengan minuman kopi satu ini. Ada yang beranggapan bahwa ini termasuk minuman latte, ada juga yang menganggap flat white merupakan cappuccino tanpa foam.

Padahal flat white adalah minuman microfoam terbuat dari susu yang dipanaskan hingga muncul gelembung kecil. Biasanya jumlah microfoam ditakar 60 ml, dan dicampur dengan dua shot espresso, kemudian diaduk hingga menyatu.


7. Latte
Ini 7 Racikan Kopi Bebasis Espresso yang Populer di Kafe-kafeFoto: iStock
Selain cappuccio, latte juga minuman kopi favorit dan terkenal di seluruh dunia. Meski terlihat mudah, ternyata cara membuat latte tidak sembarangan. Masih banyak barista yang salah. Latte diracik menggunakan espresso tanpa pemanis. Dengan rasio 2:1, antara susu dan espresso.

Steamed milk dituangkan ke espresso dengan layer foam, tanpa whipped cream. Latte sendiri terkenal sebagai kanvasnya para barista untuk berkreativitas, sehingga banyak tampilan latte art yang cantik, selain itu rasanya juga manis.

Baca Juga: Tiga Ahli Kopi dari Amerika Berbagi Ilmu Seluk Beluk Espresso (sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com