Exclusive Coffee Class

Tiga Ahli Kopi dari Amerika Berbagi Ilmu Seluk Beluk Espresso

Maya Safira - detikFood Jumat, 15 Sep 2017 10:41 WIB
Foto: Maya Safira/detikFood Foto: Maya Safira/detikFood
Jakarta - Tiga ahli soal kopi Amerika akan berbagi ilmu mengenai pembuatan espresso. Mulai dari penanganan kopi hingga cara mengekstraknya.

Hari ini (15/9), Exclusive Coffe Class yang digelar detikfood dan Indoensia Coffee Academy berlangsung di Anomali Coffee Menteng Jakarta. Sebanyak 30 peserta berkesempatan belajar langsung cara tepat pembuatan espresso dari ahlinya.

Kelas kopi ini diadakan secara eksklusif karena menghadirkan ahli soal mesin kopi, kopi hingga jualan kopi dari tim Synesso, dari Seattle, Amerika.

Para peserta yang hadir dalam acara Exclusive Coffee Class.Para peserta yang hadir dalam acara Exclusive Coffee Class. Foto: Maya Safira/detikFood

Ada Mark Barnett selaku pemilik dan desainer Synesso, Aaron Bly Technical Services Manager Synesso dan Sarah Palmer sebagai Global Sales Manager Synesso. Ketiganya akan membeberkan lebih dalam tentang kopi dalam dua sesi kelas.

Khusus di espresso class, Sarah membawakan materi tentang ekstraksi espresso hingga milk steaming. Juga soal keasaman espresso, pemanggangan biji kopi dan menangani biji kopi.

Sebelum kelas dengan Synesso, acara dibuka dengan sharing ilmu dasar tentang kopi dari Aris Kadarisman selaku Lecture Indonesia Coffee Academy. Aris memberikan informasi tentang proses pengolahan kopi, roasting hingga mesin espresso.

Tiga Ahli Kopi dari Amerika Berbagi Ilmu Seluk Beluk EspressoMesin espresso. Foto: Maya Safira/detikFood

"Banyak mesin espresso di pasaran. Ini banyak berpengaruh juga untuk rasa kopi," ujar Aris Kadarisman.

Untuk Synesso, Aris mengatakan bahwa mesin ini punya kelebihan membedakan tekanan dan ada penyesuaian suhu dalam pembuatan espresso.

Mau tahu lebih lanjut tentang pembuatan kopi? Ikuti terus pembahasannya di Detikfood.


(lus/odi)