Tak Hanya Buat Gigi, Pasta Gigi Juga Bermanfaat di Dapur

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 16 Mar 2018 18:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bukan hanya di toilet, pasta gigi sebaiknya diletakkan di dapur. Ini karena 5 manfaat pasta gigi yang mampu membersihkan alat dapur.

Pasta gigi ternyata punya manfaat lain selain untuk membersihkan gigi. The Kitchn (16/3) merangkum manfaat lain pasta gigi, termasuk untuk menyingkirkan bau tak sedap di kotak makan plastik.

Baca Juga: Gosok Gigi Jadi Lebih Enak dengan Pasta Gigi Rasa Mint Chocolate

1. Hilangkan noda air
Menaruh minuman di meja kayu kerap menyisakan noda bekas air yang sulit dihilangkan. Mengelapnya tak cukup, malah justru membuat noda air makin nyata. Sebagai solusinya, gunakan pasta gigi non gel untuk mengelap noda air tersebut. Caranya cukup gosok permukaan kayu yang ada noda airnya secara halus. Noda air di atas meja kayupun bisa hilang.

Tak Hanya Buat Gigi, Pasta Gigi Juga Bermanfaat di DapurFoto: iStock

2. Membuat krom mengilap
Banyak peralatan dapur dilapisi chrome atau krom. Permukaan sejenis stainless steel ini kerap kali kusam. Menggosokkan pasta gigi ke lapisan krom bisa mengembalikan kilapnya. Terakhir bersihkan dengan lap hingga permukaan krom bersinar lagi.

3. Hilangkan bau di tangan
Usai masak, bau bawang atau amis di tangan sulit dihilangkan. Alih-alih mencuci tangan berkali-kali, coba oleskan seluruh jari dan telapak tangan dnegan pasta gigi. Selanjutnya cuci tangan seperti biasa. Cara ini terbukti ampuh singkirkan bau tak sedap di tangan.

Tak Hanya Buat Gigi, Pasta Gigi Juga Bermanfaat di DapurFoto: Istimewa

4. Bikin kotak bekal tak bau makanan
Bau masakan kerap tertinggal di kotak makan atau kotak bekal berbahan plastik. Saat digunakan kembali, hal ini jadi mengganggu. Coba oleskan pasta gigi di permukaan kotak makan sebagai solusinya. Terakhir tinggal cuci kotak makan seperti biasa. Bau makananpun dijamin hilang.

5. Mengharumkan tempat sampah
Ada cara unik memanfaatkan sisa pasta gigi yang tertinggal di tabungnya. Potong bagian atas kemasan pasta gigi, lalu isi dengan air hangat. Tuangkan cairan ini ke tempat sampah. Cara ini mampu mengharumkan tempat sampah yang kerap berbau tak sedap. Sekaligus memanfaatkan sisa pasta gigi hingga olesan terakhir!

Baca Juga: Pasta Gigi Ampas Kedelai, Bersihkan Gigi Sekaligus Aman Ditelan (adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com